Gowes dengan Latar Pegunungan di Pandawa Bike Park

Foto: Dok. Google Maps/Stevenz Uyab

Banyak aktivitas yang bisa lakukan saat berada di kawasan wisata Gunung Banyak. Yang terpopuler tentu saja menjajal paralayang maupun menikmati spot foto kekinian. Tak sedikit pula yang datang kemari hanya untuk sekadar menghirup udara sejuk dan menyaksikan panorama alamnya yang menawan.

Nah, kalau kamu ingin mencari aktivitas olahraga outdoor seru selain paralayang, cobalah gowes di Pandawa Bike Park. Lokasinya ada di kawasan wisata Gua Pandawa, atau tepatnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Foto: Instagram @weeklybikers

Kalau berangkat dari Alun-alun Batu, kamu bisa mencapai Pandawa Bike Park dengan bersepeda sekitar 7-8 km, tergantung pilihan rute. Namun, jalur mana pun yang kamu ambil akan melintasi medan yang terus menanjak hingga sampai di lokasi.

Opsi lainnya, kamu bisa membawa kendaraan sampai gerbang masuk Pandawa Bike Park. Jangan khawatir aksesnya, karena jalannya sudah di-paving. Jadi membawa kendaraan sendiri pun tak masalah untuk loading sepeda.

Foto: Instagram @kang.sarep

Ketimbang bike park lain di Gunung Banyak, Pandawa Bike Park masih terbilang baru. Selain itu, lintasannya yang sepanjang 2,5 km dengan finis di Dusun Brau tersebut relatif aman untuk pegowes pemula.

Tak ada obstacle yang begitu membahayakan, kecuali beberapa titik yang cukup curam. Namun, pesepeda diminta untuk tetap berhati-hati saat melintasinya, terutama sehabis hujan ketika medannya lebih licin. Demi keamanan, kenakan pula perlengkapan standar, seperti helm, pelindung siku dan lutut, serta sepatu.

Foto: Instagram @am_team_jember

Selagi bersepeda di sana, kamu bisa sekalian berburu foto. Pasalnya, dari bike park ini tersaji pemandangan cantik dengan latar Gunung Arjuno, Panderman, dan bahkan Semeru di kejauhan.

Ada beberapa spot foto yang mesti dicapai dengan berjalan kaki sedikit. Namun tentu saja hal ini bukan masalah untuk mereka yang senang mencari lokasi foto antimainstream dengan latar yang ciamik. Terlebih, bila kebetulan bike park tersebut sedang sepi pengunjung. Kamu bisa bebas berfoto sepuasnya di sana.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here