Talaga Surian Camp Park, Perkemahan Asri di Kaki Gunung Ciremai

Foto: Dok. Google Maps/Reni Sujinah

Di kaki Gunung Ciremai, banyak tempat camping menarik yang bisa kamu kunjungi, terutama untuk yang enggan mendaki atau tak memiliki waktu lebih untuk melakukan pendakian. Salah satunya adalah Talaga Surian Camp Park yang terletak di Desa Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Camping ground ini berada di dalam hutan yang rimbun. Dari mana pun kamu mengambil foto, hasilnya bakal apik dengan latar pepohonan tinggi. Suasananya pun bakal makin eksotis saat kawasan tersebut berselimutkan kabut tipis.

Foto: Instagram @dedenkurniadi_

Dengan pemandangannya yang menawan ini, Talaga Surian Camp Park dapat kamu pilih sebagai destinasi berkemah berikutnya saat liburan di Kuningan. Kamu juga bisa mengajak teman dan keluarga untuk menikmati camping ceria di sini.

Akses dan Biaya

Untuk mencapai Talaga Surian Camp Park, kamu dapat mengaksesnya dengan berkendara sekitar 25 menit dari pusat kota Kuningan. Kalau dari Jakarta, perjalanannya membutuhkan waktu sekitar empat jam.

Foto: Dok. Google Maps/Tony Rachmayanto

Mendekati lokasi, akses jalannya sempit dan tak ada pembatas jalan. Jadi pastikan berhati-hati saat melintasinya, karena meleng sedikit bisa terperosok ke kebun. Selain itu, area parkir biasanya ramai saat akhir pekan. Karena itu, disarankan kemari dengan menggunakan motor.

Talaga Surian Camp Park menyediakan dua area camping, yakni umum maupun privat. Area yang disebutkan terakhir ini telah dipasangi pagar pembatas sehingga privasi tamunya lebih terjaga.

Untuk berkemah di area umum, kamu hanya dikenakan biaya Rp20 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan. Kalau membawa mobil, kamu bisa berkemah di samping atau di dalam kendaraan masing-masing. Kamu juga bisa membuat api unggun dengan membeli kayu bakar seharga Rp25 ribu per ikat.

Foto: Instagram @talaga.surian_camp.park

Opsi lainnya, kamu bisa berkemah di area privat yang sudah dilengkapi tenda dan perlengkapannya. Biayanya sekitar Rp150-550 ribu per malam, tergantung lokasi, kapasitas tenda, dan fasilitas yang disertakan.

Untuk paket Best View, misalnya, biayanya Rp450 ribu per malam, sudah termasuk tenda family berkapasitas 3 orang, kasur, bantal, selimut, terminal listrik, serta sarapan untuk 3 orang. Ada pula paket hemat seharga Rp150 ribu per malam, sudah termasuk tenda dome berkapasitas 3 orang, matras, dan terminal listrik.

Foto: Instagram @talaga.surian_camp.park

Bila kelaparan, tak jauh dari area camping ada warung yang menjajakan makanan ringan dan minuman. Namun, pilihannya tak begitu banyak.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengunjungi Sagof Coffee Eatary yang letaknya persis setelah gerbang tiket. Selain menunya lebih beragam, tempat makannya pun estetik dengan latar pepohonan rimbun dan pemandangan kota Kuningan dari ketinggian.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here