Menjelajahi Trek Sepeda di Tutur Welang Bike Park

Foto: Dok. Google Maps/Probolinggo Bike Track

Pegowes asal Jawa Timur tentu sudah tak asing lagi dengan Tutur Welang Bike Park, atau yang biasa disingkat TW Bike Park. Dapat diakses mudah dari berbagai kota di wilayah tersebut, destinasi bersepeda di Pasuruan ini tak hanya populer di kalangan warga setempat, namun juga komunitas pesepeda dari luar kota.

Lokasi Tutur Welang Bike Park ada di Desa Krajan Dua, Kecamatan Tutur, dengan lokasi finis yang ada di Desa Semut, Kecamatan Purwodadi. Pesepeda dapat melintasi treknya yang sepanjang 14 km dengan rute melalui hutan pinus yang rimbun.

Foto: Dok. Google Maps/Abbie Tamhar

Jalurnya didominasi single track dan medannya kebanyakan datar. Di beberapa titik ada tanjakan, namun tanjakannya terbilang ringan dan jaraknya pendek.

Ada pula obstacle seperti kelokan (berm) dan turunan tajam (drop off), sehingga cocok untuk pesepeda yang ingin mengasah kemampuannya. Buat pemula, kamu tak perlu khawatir karena walau banyak turunan tajam, di sampingnya ada jalur khusus yang tanpa rintangan.

Foto: Dok. Google Maps/Franciscus Stefanno (Fanno)

Di tengah-tengah rute tersebut juga disediakan tempat beristirahat. Dari situ, jalurnya akan kembali melalui pepohonan pinus dengan trek berbatu maupun tertutup akar melintang. Berhati-hatilah saat melewatinya karena bila meleng sedikit, kamu bisa terjungkal dari sepeda.

Bila bersepeda di musim hujan, kamu mesti memastikan sepeda dalam kondisi prima. Jenis sepeda maupun ban yang dipakai pun mesti cocok dan sesuai trek. Kenakan pula perlengkapan sepeda sesuai standar, seperti helm maupun pelindung siku dan lutut.

Foto: Dok. Google Maps/Franciscus Stefanno (Fanno)

Kalau membawa kendaraan bermotor, kamu bisa memarkirkannya di lokasi finis. Di sana ada pula warung maupun jasa cuci sepeda bila tak ingin repot membersihkannya sepulang gowes.

Untuk mengakses Tutur Welang Bike Park, kamu bisa mencapainya via Jalan Tol Pandaan-Malang atau Jalan Raya Nongkojajar bila dari Malang. Durasi berkendaranya sekitar 1-1,5 jam. Opsi lainnya, kamu bisa bersepeda hingga sampai di lokasi. Dari jalan beraspal, kamu akan melalui jalan makadam di permukiman, kemudian jalan paving sampai masuk ke hutan pinus.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here