Menjelajah Gili Gede, Surga Tersembunyi di Sekotong

Foto: Instagram @hennessytrill

Lombok menawarkan banyak gili atau pulau mungil yang cocok untuk menjadi lokasi liburan antimainstream. Sebut saja Gili Gede, yang sesuai namanya, merupakan gili terbesar dari gili-gili lainnya yang ada di Sekotong.

Meski lokasinya terpencil, sejumlah wisatawan rela jauh-jauh kemari untuk menikmati alamnya yang masih asri. Lagipula fasilitas di Gili Gede lebih lengkap ketimbang gili-gili tetangganya.

Foto: Instagram @rizdhani

Berkat hal ini jugalah, Gili Gede cocok untuk liburan keluarga atau bahkan destinasi bulan madu untuk pasangan. Jangan heran kalau jumlah pengunjungnya lebih banyak saat akhir pekan panjang.

Namun toh bukan berarti suasananya seramai tempat-tempat populer lainnya. Wisatawan yang menyukai ketenangan dapat melewatkan waktu dengan duduk-duduk santai di tepi pantai. Sambil menanti matahari terbenam, mereka dapat melihat aktivitas warga lokalnya yang sedang menangkap ikan di laut.

Foto: Instagram @rock.n.unicorn

Sementara yang lain dapat memanfaatkan jasa pemandu lokal untuk mengunjungi desa-desa yang ada di sana. Wisatawan dapat melihat langsung dan mendokumentasikan cara warganya mengolah ikan dan mutiara yang merupakan sumber penghasilan utama.

Kehadiran lima desa yang ada di Gili Gede juga berarti wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat yang menjajakan makanan dan minuman. Belum lagi deretan akomodasi nyaman yang dapat menjadi rumah tinggal yang nyaman selama liburan di sana.

Foto: Instagram @giligedeisland

Selain kunjungan ke desa-desa setempat, aktivitas lainnya yang tak boleh dilewatkan tentu saja menyusuri pantai-pantainya. Kawasan pesisir utara Gili Gede terkenal dengan pantai pasir putihnya, sementara pesisir barat lebih didominasi oleh lumpur dan hutan bakau. Semuanya layak dikunjungi, dan karena pulau ini kecil, kamu bisa menjelajahi semua pantai tersebut tanpa memakan banyak waktu.

Perairannya yang jernih dengan arusnya yang tenang juga cocok untuk snorkeling atau scuba diving. Gili Gede memang tak hanya menawarkan pemandangan yang cantik di darat, namun juga di bawah laut.

Foto: Instagram @syafariadi_hassan

Usai beraktivitas, kamu bisa memilih salah satu dari tempat makan dengan pemandangan terbaik yang ada di sana. Sambil menanti matahari terbenam, kamu dapat menikmati hidangan lokal yang khas, seperti ayam taliwang.

Untuk mencapai Gili Gede, kamu dapat naik kapal dari Pelabuhan Tembowong. Pelabuhan tersebut letaknya sekitar 63 km dari Bandara Internasional Lombok, atau bisa diakses dengan berkendara sekitar 1,5-2 jam. Kalau berangkat tanpa menggunakan jasa tur, kamu mesti tawar-menawar harga dengan nelayan pemilik kapal.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here