Pamutusan, Pulau Terputus di Sumatera Barat

Sumatera Barat memiliki banyak destinasi wisata alam menarik, mulai dari danau, pegunungan, hingga pantai. Bila ingin berkunjung ke destinasi wisata yang belum banyak diketahui orang, Anda bisa datang ke Pulau Pamutusan di wilayah Bungus, Padang. Pulau ini tidak terlalu besar, tetapi banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Pengunjung bisa puas bermain air, bersantai sambil menikmati keindahan matahari terbenam, hingga berkemah di tepi pantai.

Pulau Pamutusan memiliki bentuk yang memanjang dengan luas kurang lebih delapan hektar. Pulau ini menyatu dengan daratan utama pesisir selatan Bungus Teluk Kabung yang membentang luas. Di tengah-tengahnya, terdapat pantai kecil berpasir putih yang biasa menjadi tempat kumpul para wisatawan.

Sepintas, tampak tidak ada yang istimewa dari pulau dan pantai ini. Namun ketika air laut pasang, pantai berpasir putih ini ikut tergenang air hingga tidak terlihat lagi. Daratan panjang Pulau Pamutusan pun seakan terbelah menjadi dua. Fenomena unik ini akhirnya menjadi inspirasi nama Pamutusan yang berarti terputus dalam bahasa Minang.

Banyak Kegiatan

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama berada di Pulau Pamutusan. Salah satunya adalah snorkeling. Pemandangan bawah laut di pulau ini memang sayang untuk dilewatkan. Selama menyelam, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona ikan warna-warni yang sibuk berenang keluar masuk terumbu karang.

Instagram @sheryliviana

Untuk menyewa alat snorkeling, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20.000. Usai menyelam, pengunjung bisa duduk-duduk di dermaga kayu yang memanjang dari tepi pantai hingga ke tengah laut. Dari atas dermaga, pengunjung dapat melihat ikan-ikan berenang berkat airnya yang sangat jernih.

Keseruan di Pulau Pamutusan tidak sampai sini saja. Pulau ini memiliki lanskap yang menarik, dengan pantai di tengah-tengah dan bukit batu di pinggirnya. Setelah puas bermain di pantai, pengunjung dapat hiking ke atas bukit. Dari puncak bukit, keindahan Pulau Pamutusan dengan pasir putih dan airnya yang biru dapat terlihat jelas. Ditambah dengan pohon-pohon hijau yang melengkapi pemandangan ini, siapa pun pasti enggan untuk cepat-cepat meninggalkan pulau ini.

Untungnya, pengunjung juga bisa bermalam di Pulau Pamutusan, entah dengan mendirikan tenda untuk berkemah atau tinggal di homestay yang tersedia di pulau ini. Untuk urusan makanan, Anda dapat membelinya di warung-warung yang tersebar di pinggir pantai. Namun bila ingin berhemat, sebaiknya membawa bekal sendiri karena harga makanan yang dijual cukup mahal. Ketika menginap di Pulau Pamutusan, jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang disuguhkan oleh pulau ini.

Pulau Pamutusan terletak di Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Untuk mencapai pulau ini, pelancong perlu berkendara ke daerah Bungus selama kurang lebih satu jam dari pusat kota Padang. Dari Bungus, pelancong dapat menyewa kapal motor untuk menyusuri pesisir laut selama kurang lebih 30 menit. Fasilitas di pulau ini juga sudah cukup lengkap, mulai dari toilet umum, kamar mandi, gazebo, hingga rumah pohon.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here