Ajang Lari CTC Ultra Kembali Digelar, Lombakan 6 Kategori

Foto: Dok. CTC Ultra

Ajang lari lintas alam tahunan Coast to Coast Night Trail Ultra (CTC Ultra) kembali hadir pada 25-26 Februari 2023 mendatang. Para pegiat lari yang sudah tak sabar untuk mengikuti acara ini dapat langsung mendaftarkan diri ke situs resminya sebelum registrasi ditutup.

Kegiatan olahraga ini digelar pertama kalinya pada 2015 oleh komunitas Trail Runners Yogyakarta dengan dukungan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Harapannya, kegiatan tersebut dapat membantu mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Bantul, khususnya untuk penggemar sport tourism.

Foto: Dok. CTC Ultra

Enam Kategori

Sama seperti penyelenggaraan sebelumnya, CTC Ultra akan bermula dan berakhir di Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP). Waktu dimulainya berbeda, tergantung kategori yang dipilih.

Total ada enam kategori yang tersedia, yakni 5K, 13K, 25K, 50K, 70K, dan 100K. Peserta dengan jarak tempuh yang lebih jauh, yakni 50K, 70K, dan 100K, akan berlari dari 25 Februari. Sementara kategori lain dengan jarak tempuh yang lebih pendek akan berlomba pada 26 Februari.

Foto: Dok. CTC Ultra

Karena perbedaan waktu dimulainya lomba maupun rute yang dipilih, pemandangan yang didapatkan masing-masing peserta tentunya berbeda. Ada yang bisa menikmati serunya berlari sambil menikmati matahari terbit di tepi pantai, ada pula yang merasakan serunya berlari di tengah kegelapan malam.

Selain menyusuri permukiman warga, perkebunan, dan persawahan, peserta akan melewati deretan tempat wisata yang ada di Bantul, seperti Gua Jepang dan Gumuk Pasir Parangkusumo. Medannya sendiri akan bervariasi melintasi tanjakan dan turunan yang menantang adrenalin.

Foto: Dok. CTC Ultra

Segera daftarkan dirimu bila tertarik mengikuti CTC Ultra. Caranya, langsung kunjungi situs resminya di ctcultra.com, klik Registration, lalu pilih kategori pilihanmu.

Biayanya Rp250.000 untuk 5K, Rp400.000 untuk 13K, Rp600.000 untuk 25K, Rp800.000 untuk 50K, Rp950.000 untuk 70K, dan Rp1,2 juta untuk 100K. Race pack dapat diambil pada 24-25 Februari di Parangtritis Geomaritime Science Park.

Foto: Dok. CTC Ultra

Peserta disarankan telah menyelesaikan tantangan lari sebelumnya. Misalnya, peserta 5K sudah pernah menyelesaikan road race minimal 5 km dan peserta 13K sudah pernah menyelesaikan road race minimal 10 km. Sementara peserta 25K ada baiknya pernah menyelesaikan trail race dengan jarak minimal 10K.

Kemudian, peserta 50K sebaiknya pernah menyelesaikan trail race dengan jarak minimal 25K. Peserta 70K disarankan telah menyelesaikan ultra trail race dengan jarak minimal 50K. Peserta 100K disarankan telah menyelesaikan ultra trail race dengan jarak minimal 70K. Info lebih lanjut tentang syarat dan ketentuannya, cek di tautan ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here