Menjelajahi Kehidupan Bawah Laut di Pulau Kepa, Alor

Foto: Dok. Google Maps/Orion Bukantis

Pantai-pantai eksotis yang berserakan di seluruh penjuru Nusantara sudah cukup menjadi alasan bagi seorang petualang untuk menempuh perjalanan panjang mencapainya. Merupakan kebanggaan tersendiri memang, untuk mencapai suatu tempat yang belum banyak orang sambangi.

Bila kamu juga termasuk petualang yang senang mencari tempat-tempat baru, cobalah ke Pulau Kepa. Lokasi pulau ini begitu terpencil di gugusan Kepulauan Alor-Solor, sehingga nyaris tak tersentuh peradaban.

Foto: Dok. Google Maps/Danilo San

Namun, perjuangan panjang menuju pulau mungil ini langsung terbayar lunas sesampainya di lokasi. Kamu bisa menjumpai pantai-pantai sepi berpasir putih khas Nusa Tenggara yang dibingkai sabana kering dan berpadu kontras dengan julangan gunung vulkanik.

Di sinilah kesempatan untuk melakukan the art of doing nothing. Terbangun dari tidur oleh debur ombak dan kicauan burung laut, kamu bisa melewatkan sepanjang hari di salah satu pantai terindah di bumi yang dihuni masyarakat ramah yang senyumnya selalu mengembang.

Foto: Dok. Google Maps/Aimar

Sekadar memandangi samudra yang terhampar luas maupun pulau-pulau kecil di sekitar Kepa saja sudah membuat hati senang dan pikiran segar. Apalagi kalau menyelami perairannya yang pirus nan jernih!

Perairan di sini menyimpan terumbu karang warna-warni yang menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan. Disebut-sebut sebagai salah satu tempat untuk menyaksikan terumbu karang tercantik di dunia, kamu bisa menikmati keindahannya dengan snorkeling ataupun scuba diving.

Foto: Dok. Google Maps/Alor Diving – La P’tite Kepa

Setidaknya ada 40 titik menyelam di sekitar pulau ini yang letaknya saling berdekatan. Hal ini memudahkan kamu untuk menjelajahi kehidupan bawah lautnya.

Kawasan ini sendiri dikelilingi oleh Laut Timor, Laut Sawu, dan Laut Flores yang menjadi tempat persilangan bagi paus. Makanya bila beruntung, kamu juga bisa menjumpai mamalia laut tersebut yang biasanya muncul di permukaan.

Foto: Dok. Google Maps/Nacota Yeshida Sapahuma

Perjalanan Panjang

Pulau Kepa terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapainya, kamu bisa naik pesawat dari berbagai kota besar di Indonesia menuju Kupang. Sesampainya, lanjutkan penerbangan selama sekitar 45 menit menuju Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor.

Perjalanan belum selesai, karena kamu mesti menempuh perjalanan darat hingga sampai di Dermaga Alor Kecil. Kamu bisa naik bemo (angkot) atau mobil sewaaan untuk mencapainya. Dari dermaga, lanjutkan naik kapal menuju Pulau Kepa.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here