Pehobi Sepeda, Coba Rute Menanjak ke Bukit Jajar Gunung Kinayungan

Foto: Dok. Google Maps/Andri Yanto

Bukit Jajar Gunung Kinayungan merupakan salah satu lokasi pilihan untuk berkemah di Bogor. Berada di ketinggian 649 mdpl, tempat ini tak hanya menyuguhkan hawa sejuk, namun juga pemandangan alam menawan.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan perbukitan maupun pepohonan hijau. Kamu bisa mengabadikan keindahan panorama tersebut dari sejumlah gardu pandang yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Foto: Dok. Google Maps/Agus Lia

Kalaupun tak berniat berkemah, kamu bisa datang kemari untuk sekadar bersepeda di akhir pekan. Jalur menuju Bukit Jajar Gunung Kinayungan ini terutama menantang untuk para pehobi sepeda karena berkelok-kelok dan terus menanjak ke atas.

Tak hanya itu, akses masuk ke lokasi berupa tanah berbatu yang bisa becek di musim hujan. Meski tanjakannya tak curam, namun cukup menyulitkan dan menguras tenaga karena berupa bebatuan. Biar aman, pastikan sepeda dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan kemari.

Foto: Dok. Google Maps/Briant Briantino

Selepas jalur berbatu, jalannya berubah menjadi jalur cor dan melintasi permukiman. Setelah itu, jalurnya kembali menanjak dan cukup curam, namun masih berupa jalan cor sehingga memudahkan pesepeda untuk melibas tanjakan di sini.

Begitu mendekati lokasi, kamu akan menjumpai sejumlah warung makan. Ikuti terus petunjuk arah hingga sampai di Bukit Jajar Gunung Kinayungan. Memasuki area wisata, kamu hanya perlu membayar Rp5 ribu per orang.

Foto: Dok. Google Maps/Agus Kurniawan

Fasilitas

Bila berniat berpiknik, kamu bisa membawa perlengkapan seperti tikar maupun bekal makanan dan minuman. Opsi lainnya, kamu bisa memilih duduk di sejumlah tempat duduk yang tersedia. Sambil mengisi perut, kamu bisa menikmati pemandangan indah yang terhampar di puncak bukitnya.

Fasilitas lain yang tersedia di Bukit Jajar Gunung Kinayungan adalah wahana bermain anak, toilet, musala, dan masih banyak lagi. Bila berniat bikecamping, kamu juga bisa menyewa perlengkapannya di lokasi, dari tenda, aat memasak, dan lainnya.

Foto: Dok. Google Maps/Dhidung 24

Bukit Jajar Gunung Kinayungan terletak di Desa Sukadamai, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Dari pusat kota Bogor, jaraknya sekitar 45 km. Sementara dari Cibubur, jaraknya sekitar 49,5 km via Jalan Raya Cileungsi-Jonggol.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here