Berombak Tenang, Pantai Kedung Celeng Cocok untuk Snorkeling

Foto: Instagram @naufalhanif_fa

Ketimbang pantai-pantai populer lainnya di Malang, nama Kedung Celeng mungkin masih terdengar asing. Belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Padahal, pantai ini menyimpan pesona alam yang tak kalah memukau.

Pantai Kedung Celeng terletak di Jalan Raya Banjarejo, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Dari pusat kota Malang, jaraknya sekitar 64 km dengan waktu tempuh dua jam.

Foto: Instagram @nggytuu

Arahnya sama seperti ke Pantai Ngliyep. Setelah melewati Desa Pagak, kamu akan menjumpai pertigaan. Dari situ, ambil arah lurus ke Desa Banjarejo melalui jalan makadam hingga sampai di Pantai Kedung Celeng.

Jalurnya dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja mendekati area parkir, jalannya sempit dan cukup sulit bila diakses dua mobil secara bersamaan dari arah yang berbeda. Selain itu, karena mesti melewati jalur berbatu, berhati-hatilah saat melintas dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Foto: Instagram @ahmed25.al.ali

Sesampainya di area parkir, kamu bisa berjalan kaki menuju Pantai Kedung Celeng. Dalam perjalanan, kamu akan menjumpai pantai lain di kawasan ini, yakni Pantai Bantol, selain menyusuri hutan bakau di sisi danau air payau.

Ombak Tenang

Hamparan pasir putih di sini memang tak begitu luas. Namun, pantainya yang berbentuk melengkung ini memiliki bukit karang di perairannya. Tak hanya mempercantik lanskap, bukit karang tersebut juga menahan laju ombak, sehingga kamu bisa bermain air, berenang, atau bahkan snorkeling.

Foto: Instagram @ahmed25.al.ali

Namun ingat, jangan sampai terlalu ke tengah laut karena ombaknya cukup besar. Bila ingin beraktivitas, kamu bisa memilih lokasi di balik batuan karang yang perairannya dangkal dan cenderung tenang.

Lelah bermain air, kamu bisa berjemur atau berpiknik di atas hamparan pasirnya. Jangan lupa membawa makanan dan minuman ya, karena di lokasi tak ada warung yang berjualan. Kalau perlu, siapkan tikar maupun payung sendiri untuk berteduh dari teriknya sinar matahari.

Siapkan juga perlengkapan untuk berenang, dari ban hingga alat snorkeling, karena tak ada tempat penyewaannya. Bila ingin membilas badan, kamu bisa menuju kamar mandi yang terletak di area parkir maupun area Pantai Bantol.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here