Situs-situs Penyelaman Favorit di Utara Gili Trawangan

Foto: Dok. Trawangan Dive

Menyuguhkan indahnya pantai berpasir putih dengan deretan pepohonan kelapa, Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wajib kunjung bagi wisatawan yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Lombok. Tak sedikit pula yang melakukan perjalanan sehari kemari dengan naik kapal cepat dari Bali demi menikmati keindahannya.

Merupakan gili terbesar dan teramai dibanding tetangganya, Gili Trawangan yang berjuluk Pulau Pesta ini memiliki banyak aktivitas seru untuk segala tipe wisatawan. Selain melakukan bar hopping untuk mendengarkan musik sambil menikmati bir atau koktail, kamu juga dapat melewatkan waktu dengan scuba diving untuk melihat taman laut terbaiknya.

Beberapa situs penyelaman di sini ada yang cocok untuk pemula, sehingga kerap dijadikan lokasi untuk belajar menyelam, sementara yang lain lebih cocok untuk penyelam berpengalaman. Berikut situs-situs favoritnya yang terletak di perairan utara Gili Trawangan.

1. Shark Point

Dapat diakses dengan naik kapal selama sekitar 10 menit, Shark Point merupakan salah satu situs penyelaman paling populer di Kepulauan Gili karena keragaman biota laut maupun lanskapnya. Hamparan terumbu karang lunak banyak ditemukan di kedalaman sekitar delapan meter, dengan penyu yang kerap melintas di sini.

Foto: Instagram @divecentralgili

Selain penyu, penyelam dapat menjumpai gurita, scorpionfish, dan belut pita di area yang dangkal, selain belut moray, lobster, dan sotong di kedalaman 18 meter. Sementara di kedalaman sekitar 30 meter, penyelam bisa melihat schooling atau gerombolan ikan jack, sehingga situs ini juga dikenal sebagai Jack Point.

Di Shark Point, kans untuk melihat hiu karang sirip hitam dan putih, blue-spotted stingray, dan bumphead parrot fish juga lebih besar. Namun patut diingat bahwa penyelaman di sini sangat bergantung pada arus dan ombak, serta terkadang digunakan untuk drift-dive.

2. Glenn Nusa Wreck

Bila Shark Point bisa untuk segala level, Glenn Nusa Wreck lebih cocok untuk penyelam berpengalaman. Berada di kedalaman 22-28 meter, situs ini menyuguhkan kapal yang sengaja ditenggelamkan untuk menciptakan habitat bagi ikan dan karang.

Foto: Dok. Trawangan Dive

Situs ini hanya bisa diakses bila arusnya tak terlalu kuat. Bila tidak memungkinkan, biasanya penyelam akan ditawarkan opsi untuk menuju Shark Point sebagai gantinya.

3. Halik

Foto: Dok. Trawangan Dive

Situs penyelaman ini berupa dasar berpasir di kedalaman 3-7 meter, yang perlahan menurun hingga ke kedalaman 40 meter. Arus di sini cocok untuk drift diving, dengan penyelam dapat menjumpai snapper, eagle rays, giant trevally, lion fish, bump head parrot fish, hiu karang, selain ikan badut (Nemo) dalam jumlah besar.

4. Deep Turbo

Foto: Dok. Trawangan Dive

Dengan hamparan coral pinnacles raksasa di dasar berpasir, Deep Turbo menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa mengesankan. Selagi mengagumi taman karangnya yang indah, kamu bisa melihat sekawanan batfish dan parrotfish. Bila beruntung, kamu bisa menjumpai penyu maupun pari elang tutul. Sedalam 18-35 meter, situs ini diperuntukkan penyelam berpengalaman.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here