Jejak, Pameran Tunggal Perupa FX Harsono di Can’s Gallery

Foto: Instagram @fransxartono

Memasuki November, sejumlah galeri tengah menggelar pameran seni yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu di sela-sela kesibukan ataupun melewatkan akhir pekan. Di Jakarta Pusat, misalnya, kamu bisa menyambangi Can’s Gallery.

Galeri seni yang beralamatkan di Jalan Tanah Abang II No. 25, Petojo Selatan, Gambir ini sedang menggelar pameran tunggal dari perupa FX Harsono. Bertajuk Jejak, pameran tersebut berlangsung hingga Minggu, 13 November 2022.

Foto: Instagram @cansgallery

Pameran ini berbeda dari pameran sebelumnya dengan karya-karya yang memiliki unsur trauma atau kritis terhadap sejarah. Kali ini, sang perupa lebih banyak merefleksikan pengalamannya dalam melihat perkembangan budaya Tionghoa di Indonesia.

Pameran ini terutama berfokus pada kontribusi para perempuan Tionghoa untuk Indonesia yang selama ini tak banyak masyarakat ketahui. Sebut saja karya-karyanya yang menunjukkan peran perempuan yang besar dalam bisnis keluarga di Lasem, Jawa Tengah. Padahal di masa lalu, anak laki-laki lebih diutamakan dalam tradisi Tionghoa.

Foto: Instagram @fransxartono

Sayangnya, kenyataan bahwa perempuan memiliki posisi yang penting dalam bisnis keluarga ini sering tak tercatat. “Yang tercantum adalah laki-laki sebagai pemilik bisnis, padahal yang menjalankan kebanyakan merupakan perempuan,” kata FX Harsono.

Beberapa karya lain juga menunjukkan perempuran Tionghoa di Lasem yang meski masih memegang kuat tradisi leluhur, namun tetap beradaptasi dengan budaya Jawa. Hal ini terutama dapat mudah terlihat dalam keragaman kulinernya.

Foto: Instagram @cansgallery

Alia Swastika selaku kurator mengungkapkan ketertarikannya terlibat dalam pameran ini karena karya-karya sang perupa yang berkaitan dengan tradisi dan akulturasi budaya Jawa. Peran perempuan Tionghoa yang menjadi tema sebagian besar karya di pameran ini juga menarik untuk diamati.

Pameran Jejak berlangsung hingga Minggu, 13 November 2022. Jam operasional pameran Senin-Sabtu pukul 10:00-18:00, sementara Minggu hanya untuk yang sudah membuat janji temu sebelumnya. Untuk info lebih lanjut, hubungi 081282244322 atau kunjungi akun Instagram @cansgallery.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here