Bersepeda sambil Menikmati Sejuknya Udara di Kebun Teh Cirangsad

Foto: Dok. Google Maps/Ji Liong

Banyak lokasi seru yang bisa kamu pilih untuk kegiatan bersepeda gunung. Selain menyusuri rimbunnya pepohonan di kawasan perbukitan, tempat lainnya yang bisa kamu pilih antara lain adalah hamparan hijau kebun teh.

Sembari mengayuh pedal sepeda, kamu bisa menikmati alam asri sejauh mata memandang. Udaranya pun jauh lebih sejuk dan bersih ketimbang wilayah perkotaan, sehingga cocok untuk buat kamu yang pengin sekalian healing.

Foto: Dok. Google Maps/B So

Menariknya, banyak kebun teh yang lokasinya dapat kamu akses mudah dari pusat kota. Salah satunya adalah Kebun Teh Cirangsad yang terletak di Desa Banyuwangi, Kecamatan Ciguded, Bogor.

Lokasinya ada di sisi barat Bogor, sekitar 30 km jauhnya dari pusat kota. Ketimbang kebun teh lainnya yang sudah populer, Kebun Teh Cirangsad memang masih terdengar asing di kalangan wisatawan. Selain fasilitasnya yang masih sedikit, akses jalannya masih kurang bagus dan lokasinya jauh dari permukiman.

Foto: Dok. Google Maps/Kang Abikana

Namun, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin mencari tempat-tempat sepi dan bebas dari keramaian turis. Tanpa harus berhadapan dengan orang banyak, kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh yang fotogenik itu dengan segelintir pengunjung lain.

Suasananya pun begitu sepi dan syahdu, sehingga kamu bisa bersantai dan berlama-lama di sana. Walau bukan tempat wisata, kamu bisa menjumpai sejumlah tempat duduk di kebun teh ini.

Foto: Dok. Google Maps/Bondan Nanda

Kamu bisa mengistirahatkan kaki dan mengisi perut dengan bekal yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Namun ingat, jangan mengotori lingkungan, apalagi merusak tanaman yang ada di kawasan ini ya!

Menuju Kebun Teh

Perjalanan menuju Kebun Teh Cirangsad akan melewati medan yang terus menanjak dengan pemandangan lembah dan perbukitan. Selain curam, jalurnya pun sempit, sehingga kebanyakan yang datang kemari mengendarai kendaraan roda dua.

Foto: Dok. Google Maps/Rivo Arlianto

Memasuki kawasan perkebunan teh, kamu akan menjumpai dua danau. Sayangnya, danau tersebut tidak bisa diakses untuk umum dan hanya bisa dinikmati pemandangannya dari kejauhan.

Di lokasi perkebunan teh, kamu bisa menuju titik tertingginya untuk melihat panorama kebun teh secara keseluruhan. Saat langit cerah, hamparan hijau kebun teh tersebut tampak berpadu cantik dengan birunya langit dan putihnya awan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan pemandangannya!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here