Pameran ICAD Kembali Hadir hingga 27 November di Grandkemang

Foto: Instagram @m.s.alwi

Pameran desain dan seni kontemporer ICAD (Indonesian Contemporary Art and Design) kembali hadir tahun ini di Grandkemang Jakarta. Berlangsung hingga 27 November mendatang, setidaknya 50 karya seni dari berbagai disiplin ilmu dapat kamu nikmati di pameran ini.

Di tahun penyelenggaraan yang ke-12, ICAD mengusung tema Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow. Topik ini tak lepas dari pandemi yang terjadi selama hampir tiga tahun terakhir ini dan telah mempengaruhi kehidupan kita semua.

Foto: Instagram @pandeanagha

“Tiga tahun terakhir telah memungkinkan refleksi yang lebih dalam tentang berbagai peristiwa yang telah terjadi, dan bagaimana dunia kita terus beradaptasi dan bergerak maju,” kata Amanda Ariawan dan Prananda L. Malasan selaku tim kurator ICAD 12 dalam pengantar pameran.

Lewat karya-karya dalam pameran ini, para penikmat seni dapat melihat berbagai pandangan menarik dari para pelaku kreatif multidisiplin tentang realitas sosial terkait pandemi, dari humor hingga politik, serta analitis hingga spekulatif.

Foto: Instagram @debbyoktviaa

“Berbagai visual, suara, gerakan, dan kata-kata yang disajikan oleh lebih dari 50 peserta ICAD tahun ini berfungsi sebagai kendaraan yang membawa kita ke temporalitas yang berbeda, untuk memperkuat konsepsi kita tentang apa yang harus dilakukan di masa sekarang,” ungkapnya lebih lanjut.

Serangkaian Kegiatan

Para pelaku kreatif multidisiplin yang berpartisipasi dalam ICAD 12 ini merupakan perupa kontemporer senior, kreator muda, serta kolektif atau komunitas yang bergerak di berbagai bidang seni, desain, musik, budaya, dan material baru.

Foto: Instagram @rayshabir

Beberapa di antaranya adalah Nyoman Nuarta, Heri Dono, Mella Jaarsma, Nasirun, Titarubi, Natasha Tontey, Muhammad Fadli, Iyonono, Trianzani Sulshi, Digital Nativ, Eddie Hara x Rebellionik, dan Tommy Herseta.

Tak hanya menampilkan karya-karya yang menarik, ICAD juga menghadirkan film screening, workshop, dan talkshow yang dapat menambah wawasan. Untuk mengecek jadwalnya, kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi ICAD di arturaicad.com.

Foto: Instagram @rayshabir

Menariknya, pameran ini dapat kamu nikmati secara gratis tanpa biaya apa pun. Caranya, cukup lakukan registrasi sebelum kunjungan di laman ini. Pilih tanggal dan waktu kunjungan pilihan. Setiap harinya, ada lima slot waktu yang tersedia, yakni pukul 10:00, 12:00, 14:00, 16:00, dan 18:00.

Setelah itu, masukkan data diri pada kolom yang tersedia. Bila reservasi berhasil, kamu akan menerima pesan konfirmasi melalui alamat surel yang terdaftar.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here