Bertualang ke Air Terjun Kapas Biru, Wisata Alam Eksotis di Lumajang

Lumajang merupakan surga bagi penyuka air terjun. Di kawasan ini, kamu bisa menjumpai deretan air terjun dengan pemandangan memukau. Letaknya pun saling berdekatan, sehingga kamu bisa mengunjungi beberapa air terjun tersebut dalam satu hari.

Selain Air Terjun Tumpak Sewu yang mengingatkan akan Niagara Falls, Lumajang memiliki Air Terjun Kapas Biru yang tak kalah menawan. Setinggi sekitar 100 meter, air terjun ini terletak di kaki Gunung Semeru, tepatnya di Dusun Mulyoarjo, Pronojiwo.

Foto: Instagram @hendriwlsss

Air terjun ini pertama kali beroperasi sebagai tempat wisata sekitar 2015 lalu. Warga setempat menamakannya Coban Kapas Biru karena aliran airnya yang begitu deras, sehingga menciptakan warna putih seperti kapas. Sementara bila dilihat dari kejauhan, muncul warna kebiruan pada sisi air terjun.

Aliran airnya sendiri berasal dari Sungai Lengkong dan Besukbang di kaki Gunung Semeru. Dari ketinggian, airnya mengucur deras melalui tebing batu yang eksotis. Pemandangan tersebut makin cantik dengan keberadaan tanaman hijau yang tumbuh di sekitar air terjun.

Foto: Dok. Google Maps/Moh Hamdani

Akses

Lokasi air terjun ini berada tersembunyi di balik rimbunnya hutan, sehingga kamu mesti berjalan cukup jauh untuk mencapainya. Dari area parkir kendaraan, durasinya sekitar 45-60 menit dengan jalur melewati perkebunan salak hingga menyeberangi sungai sebelum tiba di Air Terjun Kapas Biru.

Medannya menuruni jalan setapak dengan beberapa titik cukup curam. Meski sudah ada pegangan untuk memudahkan, berhati-hatilah saat melangkah karena jalurnya bisa sangat licin di musim penghujan. Ada pula jalur anak tangga yang terbilang menantang, terutama untuk yang takut ketinggian, karena tingkat kemiringannya hampir 90 derajat.

Foto: Dok. Google Maps/Halim Harun

Pastikan mengenakan sandal atau sepatu gunung yang antilicin. Bawa pula baju ganti, jas hujan, dan bekal yang cukup. Warung hanya ada di area parkir, dan setelah itu tak ada lagi yang berjualan. Sepulangnya, jangan lupa membawa kembali sampah agar tidak mengotori lingkungan.

Harga tiket masuk Air Terjun Kapas Biru terjangkau, yakni Rp10 ribu per orang, sementara biaya parkirnya Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. Kalau ingin sekalian berkemah, kamu tinggal membayar tiket masuk dua hari sebesar Rp20 ribu per orang, serta biaya parkir Rp10 ribu untuk motor dan Rp20 ribu untuk mobil.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here