Ternadi Bike Park, Lokasi Latihan Downhill di Lereng Gunung Muria

Foto: Dok. Google Maps/Faisol Ahlif

Seiring menjamurnya pehobi sepeda gunung, semakin banyak pula lokasi bike park yang mudah diakses dari pusat kota. Salah satunya adalah Ternadi Bike Park yang terletak di lereng Gunung Muria, atau sekitar 16,5 km jauhnya dari pusat kota Kudus.

Karena lokasinya berada di ketinggian, kamu yang datang kemari dengan bersepeda bisa sekalian pemanasan melalui medannya yang terus menanjak ke atas. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati hamparan persawahan dan perkebunan, selain permukiman warga.

Foto: Dok. Google Maps/Faisol Ahlif

Opsi lainnya, kamu bisa mencapai bike park tersebut dengan naik kendaraan bermotor sampai ujung desa Ternadi. Dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bersepeda hingga sampai puncak.

Ternadi Bike Park berada dalam kawasan Wana Wisata Ternadi. Karena itu, ada beberapa fasilitas pendukung yang bisa kamu jumpai di sini, termasuk beberapa gardu pandang untuk menikmati pemandangan Gunung Muria maupun alam sekitarnya yang masih asri.

Foto: Dok. Google Maps/Faisol Ahlif

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga memiliki camping ground, sehingga kamu yang ingin melakukan bike camping pun dapat berkemah di sini. Saat langit cerah, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit maupun terbenam yang menawan.

Setelah melepas lelah sejenak maupun mengabadikan pemandangan, kamu bisa mulai menjajal trek downhill yang menantang di Ternadi Bike Park. Trek di sini terbilang curam dan memiliki banyak rintangan.

Foto: Dok. Google Maps/Andre Dzaky

Di awal, jangan tergesa-gesa menuruninya dan kenali medan terlebih dahulu untuk mengecek obstacle, termasuk bebatuan besar yang banyak ditemukan di sepanjang lintasan. Lagipula treknya panjang, yakni 2,2 km, sehingga mesti pandai-pandai mengatur energi.

Biar aman dan nyaman saat bersepeda, pastikan sepeda dalam kondisi prima, teruma untuk rem, selain kenakan perlengkapan lengkap, dari helm hingga sepatu. Cek hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum latihan downhill di laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here