Berlari sambil Menikmati Keindahan Teluk Tomori, Raja Ampatnya Morut

Foto: Dok. Google Maps/Fatrahman 06

Morowali Utara (Morut) di Sulawesi Tengah menyimpan sejumlah destinasi wisata yang pemandangan alamnya menawan. Salah satunya adalah gugusan pulau kecil yang terhampar di perairan Teluk Tomori. Dari kejauhan, pulau-pulau berselimutkan tanaman hijau tersebut mengingatkan akan Raja Ampat.

Tak hanya indah, perairan pirusnya pun begitu tenang bak danau berkat lokasinya yang menjorok masuk ke dalam dan jauh dari laut lepas. Tak ada ombak besar yang kadang membuat nyali ciut untuk melintasinya. Berkat hal ini jugalah, Teluk Tomori cocok untuk berbagai aktivitas air, seperti berenang, berkayak, dan banyak lagi.

Meski potensi pariwisatanya begitu besar, nama Teluk Tomori masih terdengar asing bagi sebagian besar wisatawan. Padahal, aksesnya cukup mudah dengan keberadaan Bandara Maleo yang melayani penerbangan dari Palu maupun Makassar.

Karena itu, pemerintah setempat kerap melakukan berbagai upaya untuk memperkenalkan kepada wisatawan Indonesia maupun dunia bahwa Morowali Utara juga menyimpan destinasi wisata alam yang menawan. Salah satunya adalah dengan menggelar Teluk Tomori Run pada 23 Oktober mendatang.

Foto: Dok. Google Maps/Eko Herlianto

Digelar untuk sekaligus memperingati hari ulang tahun Morowali Utara, ajang lari ini terbuka untuk siapa saja yang tertarik berlari sambil menikmati keindahan alam Teluk Tomori. Terlebih, kegiatan ini dilakukan sedari pagi, yakni pukul 05:30, sehingga bisa sekalian menikmati indahnya matahari terbit saat beraktivitas.

Acara akan dimulai di Tanggul Pelangi yang merupakan salah satu pusat keramaian di Kolonodale, ibu kota Morowali Utara. Berada di tepi pantai, destinasi ini menyajikan pemandangan deretan kapal yang bersandar maupun gugusan pulau di kejauhan.

Teluk Tomori Run melombakan dua kategori, yakni Fun Run 5K dan Road Run 9K. Biaya pendaftarannya gratis, kamu cukup mendaftarkan diri melalui laman ini. Slot per kategori terbatas untuk 200 orang, jadi segera daftarkan diri bila tertarik mengikutinya.

Kalau datang dari luar kota, kamu bisa datang dari hari sebelumnya, yakni mulai 20 Oktober, untuk sekalian mengikuti Festival Teluk Tomori. Festival ini tak hanya menawarkan berbagai lomba, namun juga serangkaian acara menarik lainnya, seperti pertunjukan seni dan budaya maupun peluncuran batik khas Morowali Utara.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here