Bermaraton sambil Menikmati Keindahan Sekitar Danau Toba

Foto: Dok. Freepik.com

Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Kementerian Pariwisata yang dapat menjadi destinasi liburan alternatif selain Bali. Dapat diakses dengan mudah dari berbagai kota besar di Indonesia, banyak destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi di sini, dari wisata alam hingga budaya.

Penyuka olahraga pun akan dimanjakan dengan serangkaian kegiatan seru nan menantang yang kerap digelar di sekitar Danau Toba. Salah satunya yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat adalah Kaldera Toba Marathon Festival 2022.

Foto: Instagram @hagaisatria

Berkonsep sport tourism, ajang maraton yang berlangsung pada 27 November ini mengajak pesertanya untuk menyusuri rute lari di sekitar Danau Toba, atau tepatnya di kota Balige. Ketimbang Parapat yang menjadi gerbang penyeberangan utama untuk ke Pulau Samosir, nama Balige memang masih asing untuk sebagian besar wisatawan.

Namun, kota yang terletak selatan Danau Toba ini menyuguhkan panorama yang tak kalah menawan dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Letaknya pun tak begitu jauh dari Parapat, yakni hanya sekitar 60 km atau bisa ditempuh dengan berkendara selama 1,5 jam.

Foto: Instagram @andiksiboro

Kaldera Toba Marathon Festival 2022 melombakan beberapa kategori, yakni Trail Run 5K, serta Road Run 10K, 21K, dan 42K. Lokasi start maupun finish-nya sama, yakni di halaman Kantor Bupati Toba Samosir, Jl. Sutomo Pagar Batu No. 1. Untuk memudahkan, kamu bisa menginap di akomodasi sekitar lokasi start.

Rute 5K akan menyusuri Jl. Dr. Sutomo, Jl. Pemandian, Jl. Gereja, Museum Batak TB Silalahi, Makam Sisingamangaraja XII, dan kembali lagi ke kantor bupati. Rute 10K akan melintasi Jl. Dr. Sutomo, Jl. Pemandian, Jl. Raya Tarabunga, Jl. Pemandian, Jl. Dr. Sutomo, dan kembali lagi ke kantor bupati.

Foto: Dok. Google Maps/Rahmita Pertiwi

Rute 21K akan melewati Jl. Dr. Sutomo, Jl. Pemandian, Jl. Raya Tarabunga, Jl. Sei Ambat Dalan, Jl. Raya Meat, Jl. Sei Ambat Dalan, Jl. Lintas Sumatera, dan kembali lagi ke kantor bupati.

Sementara rute 42K akan melalui Jl. Dr. Sutomo, Jl. Pemandian, Jl. Raya Tarabunga, Jl. Sei Ambat Dalan, Jl. Raya Meat, Jl. Sei Ambat Dalan, Jl. Lintas Sumatera, Jl. Sisingamangaraja, Jl. Sibola Hotang, Jl. Siliwangi, Jl. Dr. Sutomo, dan kembali lagi ke kantor bupati. Untuk lebih jelasnya, cek petanya di tautan ini.

Foto: Dok. Unsplash/Supardi Sinaga

Registasi via bit.ly/tobamar2022 paling lambat 20 November. Biaya Rp150 untuk kategori 5K, Rp200 ribu untuk 10K, Rp325 ribu untuk 21K, dan Rp450 ribu untuk 42K, sudah termasuk BIB, goodie bag, jersey, dan finisher medal. Tiga peserta pria maupun wanita terbaik di masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total Rp110 juta.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here