Telaga Dringo, Spot Camping Asyik buat Healing

Nama Telaga Dringo mungkin masih terdengar asing di telinga, terutama bagi mereka yang tinggal di luar Jawa Tengah. Padahal telaga ini tak kalah cantik dengan deretan telaga yang ada di Dieng, selain menawarkan akses yang mudah dari dataran tinggi di Jawa Tengah tersebut.

Telaga Dringo terletak di Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, atau sekitar 20 menit berkendara dari Kompleks Percandian Arjuna. Tadinya, akses menuju telaga ini masih belum memadai, sebelum akhirnya diperbaiki hingga mulus dan beraspal sampai lokasi.

Foto: Dok. Google Maps/Wihandono Yogo

Baik motor maupun mobil dapat melintasi jalan tersebut, namun pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan pengemudi memiliki kemampuan berkendara yang baik. Pasalnya, di beberapa titik ada tanjakan dan tikungan yang tajam.

Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan hamparan persawahan maupun perkebunan, selain permukiman warga. Hijaunya alam di kanan kiri jalan akan seketika menyegarkan mata dan pikiran. Pemandangan ini tentu saja makin indah setibanya di lokasi.

Foto: Dok. Google Maps/Rizki Vian

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu bisa melanjutkan perjalanan turun ke telaga dengan berjalan kaki sebentar. Dari atas, kamu sudah bisa menyaksikan panorama telaga yang cantik dengan deretan pepohonan lebat maupun perbukitan hijau sebagai latarnya.

Suasananya sendiri begitu tenang dan jauh dari keramaian, cocok buat kamu yang ingin menyendiri dan mendekatkan diri dengan alam. Kamu juga bisa mengajak serta teman dekat atau keluarga kemari untuk menikmati waktu berkualitas di tengah alam.

Foto: Dok. Google Maps/Surya Nurvauzi

Sembari menyaksikan indahnya telaga, kamu bisa melihat aktivitas penduduk lokal yang tengah memancing di telaga. Kamu yang hobi memancing juga bisa membawa peralatan sendiri untuk menangkap ikan di sana. Sementara yang ingin berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di area camping ground.

Di sini belum ada fasilitas penyewaan peralatan camping, jadi bawa sendiri barang-barang yang kamu butuhkan, seperti tenda, matras, dan sleeping bag. Siapkan pula perbekalan yang cukup karena akses untuk mendapatkan makanan juga cukup sulit. Selain itu, bawa pakaian yang tebal karena suhu di sini yang dingin. Tak heran, karena telaga ini memang berada di ketinggian, yakni 2.265 mdpl.

Keesokan paginya, bangun lebih awal untuk menaiki bukit di dekat telaga dan menyaksikan matahari yang terbit dari balik bukit. Kalau cuaca sedang cerah dan tak berkabut, kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan puncak-puncak yang ada di Dieng, seperti Gunung Sindoro.

Untuk menikmati keindahan Telaga Dringo, kamu hanya perlu membayar Rp5 ribu. Namun, bila ingin berkemah, tiketnya sebesar Rp10 ribu. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir mulai Rp15 ribu per malam untuk motor.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here