Bromo Desert Race 50, Ajang Lari Menantang di Lautan Pasir Bromo

Foto: Instagram @sukey_okey

Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya akan segera menjadi tuan rumah bagi salah satu ajang lari paling menarik dan menantang tahun ini – Bromo Desert Race 50. Dengan latar belakang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memukau, acara lari lintas alam ini akan membawa para peserta untuk menikmati petualangan yang spektakuler di tengah lautan pasir yang menakjubkan.

Tantangan dan Keunikan

Bromo Desert Race 50, yang dikenal dengan singkatan BRODER50, menawarkan keseruan berlari di hamparan luas padang pasir tandus di dalam kaldera Tengger. Keindahan alam yang menakjubkan, dengan pasir hitam vulkanik di sekitarnya, akan menjadi pemandangan yang menemani di sepanjang perjalanan.

Namun, keindahan rute Bromo Desert Race tidak datang tanpa tantangan. Acara ini diadakan pada bulan Oktober, yang juga merupakan puncak musim panas di Indonesia.

Foto: Instagram @broder_50

Para peserta harus menghadapi intensitas panas yang tinggi, yang semakin meningkatkan tantangan dalam menghadapi jalur lomba. Lintasan berpasir juga akan menuntut kekuatan mental dan fisik, serta ketahanan untuk menghadapi medan yang ekstrem.

Dari Pelari, untuk Pelari

BRODER50 diselenggarakan oleh MANTRA, singkatan dari Malang Trail Runners, sebuah komunitas lari trail yang memiliki pengalaman luas dalam menyelenggarakan acara lari ultra di pegunungan. Tim yang terdiri dari para pelari trail berpengalaman ini tidak hanya memahami apa yang diharapkan oleh para peserta, tetapi juga telah merancang acara ini dari perspektif pelari.

Foto: Instagram @irunfaraway

Rangkaian acara BRODER50 dimulai pada Jumat, 13 Oktober dengan pengambilan race pack, penanaman pohon, dan sesi briefing untuk seluruh peserta. Barulah keesokan harinya, pada Sabtu, 14 Oktober, lomba dilakukan dengan lokasi start di Padang Pasir Cemoro Lawang.

Bromo Desert Race 2023 memiliki tiga kategori perlombaan yang berbeda. Pertama, 50K Desert Roamer dengan total elevasi 1.220 m dan COT 10 jam. Kemudian, 25K Sand Strider dengan total elevasi 640 m dan COT 5 jam. Terakhir, ada 10K Sun Seeker dengan total elevasi 350 m dan COT 3 jam.

Foto: Instagram @sukey_okey

Untuk registrasi, kamu bisa mengunjungi broder.id atau mengklik tautan pada bio akun Instagram @broder_50. Biayanya adalah Rp1,1 juta untuk kategori 50K, Rp800 ribu untuk kategori 25K, dan Rp600 ribu untuk kategori 10K. Pendaftaran ditutup 30 September, atau bisa lebih cepat bila kuota terpenuhi.

Pihak penyelenggara juga menawarkan layanan shuttle dari Bandara Juanda di Surabaya menuju lokasi lomba. Tarifnya dibanderol Rp200 ribu untuk sekali jalan. Info lebih lanjut, kunjungi tautan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here