Solilokui, Pameran Tunggal Kokoh Noegroho di Galeri Nasional

Foto: Dok. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia tengah menghadirkan pameran tunggal dari perupa asal Semarang R. Kokoh Noegroho yang berlangsung selama sebulan hingga 7 Oktober 2022. Bertajuk Solilokui, pameran ini menghadirkan 108 karya lukis yang seluruhnya dibuat dalam rentang waktu empat tahun terakhir.

Sejumlah 57 karya di antaranya berupa karya lukis di atas kanvas dengan ukuran terkecil mulai dari 30 x 40 cm hingga yang terbesar 139 x 1.175 cm. Sementara sisanya berupa karya di atas kertas atau art paper dengan ukuran 29,7 x 24 cm.

Foto: Dok. Galeri Nasional Indonesia

Sang perupa menyebutkan keinginan untuk memamerkan karya-karyanya lewat pameran tunggal ini sudah ada sejak lama. Meski sempat tertunda selama tujuh tahun, terutama karena pandemi Covid-19, impian tersebut akhirnya terwujud dengan dukungan dari Galeri Nasional dan Tesla Paints.

Djuli Djatiprambudi selaku kurator pameran menuliskan bahwa tema Solilokui yang diangkat tersebut berangkat dari kepercayaan sang perupa pada ketajaman rasa dan intuisinya dalam mengekspresikan dirinya, baik lewat kanvas maupun media lainnya.

Foto: Dok. Galeri Nasional Indonesia

Tak hanya itu, karya-karyanya pun sarat dengan ungkapan visual, baik denotatif maupun konotatif. Dengan caranya inilah, karya-karya lukis yang dihasilkan pun memiliki ciri khas tersendiri dan tidak dapat dimiliki oleh perupa lain.

Sementara itu, Pustanto selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia berharap pameran ini dapat mengenalkan sosok Kokoh sebagai salah satu perupa kontemplatif di Indonesia kepada khalayak luas. Sebelumnya, Kokoh sudah menggelar pameran tunggal sebanyak tiga kali di Semarang, selain kerap mengikuti pameran kolektif di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Magelang, dan Surabaya.

Foto: Dok. Galeri Nasional Indonesia

Tak hanya aktif berkarya, ia pun kerap terlibat dalam berbagai kegiatan seni rupa di Indonesia, termasuk sebagai Direktur Artistik Biennale Jateng #2 (2018). Selain itu, Kokoh juga merupakan pendiri Kelas Wolu dan Komunitas Rumah Pensil.

Pameran tunggal Solilokui dapat dikunjungi setiap harinya pukul 10:00 hingga 19:00 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Sebelum masuk ruang pamer dan menyaksikan karya-karyanya, lakukan registrasi terlebih dahulu di gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here