Sangirun Night Trail Kembali Digelar September

Foto: Dok. Sangirun

Sukses menggelar Sangirun Night Trail tahun lalu, Kemendikbudristek bekerja sama dengan Pemkab Sragen dan Karanganyar untuk kembali mengadakan Sangirun Night Trail 2022 pada September mendatang.

Mengusung tema Survive and Sparkling, ajang lari lintas alam ini turut dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan, mulai dari lokakarya, instalasi cahaya, hingga pameran unik yang merekontruksi kehidupan masa prasejarah dalam bentuk kampung. Pameran ini berlokasi di De’ Tjolomadoe, Karanganyar, mulai 12 hingga 24 September.

Foto: Dok. Sangirun

Tak ketinggalan, ada pula Sangiran Fair yang diwujudkan dalam bentuk pasar dengan menyajikan hasil karya seni, kerajinan, dan kuliner masyarakat Sangiran, selain menyuguhkan pentas rakyat dan berbagai macam permainan purba.

Lewat acara ini, masyarakat tak hanya dapat mengenal lebih dekat warisan budaya yang telah diakui UNESCO, namun juga ikut ambil bagian dalam menghidupkan desa-desa yang ada di sekitar Situs Manusia Purba Sangiran.

Foto: Dok. Sangirun

Sangirun Night Trail sendiri akan digelar malam hari dengan rute yang melintasi kawasan Kabupaten Sragen dan Karanganyar. Medannya beragam, mulai jalan beraspal, beton, berbatu, berumput, dan mungkin berlumpur, dengan jalur melalui bukit, hutan, dan sawah.

Titik start dan finish-nya sama, yakni di Museum Sangiran. Acara dimulai 17 September pukul 20:00 dengan COT (cut-off time) 8 jam, atau finish paling lambat 18 September pukul 02:00. Hanya peserta yang finish sebelum COT yang bisa mendapatkan jersey maupun medali finisher.

Foto: Dok. Sangirun

Adapun kategori yang dilombakan adalah 25K Male Open, 25K Male Master, 25K Female Open, dan 25K Female Master. Peserta wajib berusia minimal 18 tahun pada 2022, serta memiliki sertifikat vaksin Covid-19 lengkap yang dibuktikan saat pengambilan race pack. Peserta yang berusia 45 tahun atau 45 tahun ke atas akan secara otomatis masuk dalam kategori master.

Kuota total peserta adalah 250 orang, jadi buat kamu yang tertarik mengikuti ajang ini, bisa langsung mendaftarkan diri di sangirun.com. Biayanya Rp550 ribu untuk satu orang dan Rp900 ribu untuk dua orang, sudah termasuk BIB dengan timing chip, e-sertifikat, asuransi, produk sponsor, water station, refreshment, makan malam, fasilitas medis, serta jersey dan medali finisher.

Foto: Dok. Sangirun

Peserta yang berhasil mencapai garis finis di urutan pertama hingga kelima di masing-masing kategori akan mendapatkan total hadiah uang tunai senilai Rp41,75 juta. Untuk info lebih lanjut, kunjungi akun Instagramnya, @sangirun.official.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here