Mangrove Ujungpangkah, Surga Tersembunyi di Pesisir Utara Gresik

Cuaca panas di Gresik tak seharusnya menghalangi kamu untuk berolahraga. Kamu bisa mencari tempat-tempat yang penuh pepohonan rimbun untuk menghindari terik matahari dan menikmati hawa yang lebih sejuk.

Di kawasan pesisir utara Gresik, misalnya, kamu bisa menuju Mangrove Ujungpangkah. Lokasi persisnya di Dusun Banyulegi, Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Kamu bisa mencapainya dengan berkendara sekitar 1,5 jam dari pusat kota Gresik.

Foto: Instagram @yomotret_

Ditetapkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) sejak 2020 lalu, hutan bakau ini menawarkan keanekaragaman hayati, termasuk 18 jenis pohon bakau dan habitat bagi 73 jenis burung, selain berbagai jenis flora dan fauna lainnya.

Tak hanya itu, tempat ini juga kerap menjadi tempat singgahnya burung-burung yang migran dari belahan bumi utara ke selatan, maupun sebaliknya. Kebanyakan burung yang singgah adalah burung pantai dan burung air, seperti pelikan Australia.

Tak heran bila Mangrove Ujungpangkah tak hanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk berekreasi. Banyak pula para pelajar maupun peneliti yang datang kemari untuk melakukan riset dan observasi.

Kamu bisa berjalan-jalan menyusuri hutan bakau tersebut di atas jembatan kayu yang tertata rapi. Bila ingin berolahraga, kamu dapat berlari melintasi trek joging sepanjang 600 meter.

Foto: Instagram @miftahfarid26

Sembari menikmati pemandangan hutan yang asri, kamu bisa menyaksikan burung bangau yang kerap mencari makan di sekitar kawasan tersebut atau bersembunyi di balik rimbunnya pepohonan.

Semakin masuk ke dalam kawasan hutan, semakin lebat pula pepohonannya. Kamu bisa berhenti sejenak untuk berfoto dengan latar mangrove yang indah, atau beristirahat di salah satu gazebo yang tersedia di sejumlah titik.

Foto: Instagram @yomotret_

Perahu nelayan yang kerap terlihat di kawasan mangrove tersebut juga bisa disewa untuk menyusuri kawasan hutan hingga ke tengah laut. Biayanya tergantung negoisasi, namun kisarannya sekitar Rp10.000 per orang.

Fasilitas lainnya yang bisa kamu jumpai adalah toilet, musala, area parkir, dan tempat makan. Buka setiap hari pukul 07:00 hingga 17:00, biaya masuk Mangrove Ujungpangkau terjangkau, yakni hanya sebesar Rp5.000 per orang. Sementara biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here