Bike45Ride Ajak Warga ASEAN-Uni Eropa Hijaukan Bumi lewat Bersepeda

ASEAN dan Uni Eropa (EU) merayakan 45 tahun kemitraannya dengan meluncurkan kompetisi bersepeda virtual Bike45Ride. Kegiatan ini tak hanya menandai hubungan ASEAN dengan Uni Eropa, namun juga untuk menyoroti sejumlah inisiatif dan proyek kerja sama yang memajukan agenda ramah lingkungan di kedua kawasan.

Selama beberapa tahun terakhir, ASEAN dan Uni Eropa telah bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih hijau. Untuk mengupayakan hal ini, sejumlah inisiatif telah diluncurkan untuk mendorong partisipasi publik yang lebih luas dalam mengatasi perubahan iklim dan mempromosikan transportasi yang lebih berkelanjutan, seperti Green Teams Europe dan Smart Green ASEAN Cities.

Lewat Bike45Ride, masyarakat didorong untuk turut mengambil peran dalam menghijaukan lingkungan dengan cara sederhana, yakni menggunakan sepeda sebagai moda transportasi. Bersepeda dapat membantu meningkatkan kualitas udara dan mengurangi kemacetan jalan.

Hal ini bisa dilihat dari tingkat polusi udara yang rendah di kota-kota besar selama dua terakhir pandemi ketika mobilitas dibatasi. Selain itu, bersepeda ke tempat kerja juga bisa menjadi salah satu cara untuk berolahraga, terutama untuk mereka yang tak punya waktu luang banyak, namun ingin tetap menjaga kebugaran.

Mereka yang tertarik berpartisipasi dalam kegiatan Bike45Ride dapat langsung mendaftarkan diri secara gratis di laman ini. Periode registrasi hingga 10 September, sementara periode aktivitas hingga 11 September. Peserta terbuka untuk seluruh warga ASEAN dan Uni Eropa yang berusia minimal 17 tahun.

Kamu dapat mengambil bagian sebagai individu ataupun kelompok berjumlahkan maksimal lima orang untuk menyelesaikan total jarak 45 km. Jarak tersebut dapat diselesaikan dalam satu sesi aktivitas atau lebih selama periode acara ini berlangsung.

Aktivitas dalam ruang dengan sepeda statis tidak diperbolehkan. Peserta harus bersepeda di luar ruang dengan tetap mematuhi protokol Covid-19 yang berlaku. Aplikasi pelacak yang bisa digunakan antara lain Garmin Connect, Strava, Suunto, dan Polar, yang sudah terhubung ke platform Cause.

Sejumlah 45 peserta individu yang dapat menyelesaikan tantangan Bike45Ride dengan waktu tercepat akan memperoleh medali dan finisher pack. Juara 1 akan mendapatkan hadiah tambahan berupa Cinelli Vigorelli Road Disc, juara 2 mendapat Apple Watch Series 7, serta juara 3 mendapat Shokz Openmove dan Goodr OG Sunglasses.

Kemudian, 10 peserta kelompok dengan waktu tercepat juga akan memperoleh medali dan finisher pack. Sementara juara 1 akan mendapatkan hadiah tambahan berupa Sennheiser CX True Wireless, juara 2 mendapat Samsung Galaxy Buds 2, dan juara 3 mendapat Goodr OG Sunglasses. Info lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here