Camping Ceria di Mandalawangi Cibodas, Banyak Kegiatan Seru!

Foto: Instagram @aidilhidayat16

Buat kamu yang enggan mendaki Gunung Gede-Pangrango namun ingin menikmati pemandangan terbaiknya, camping di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas bisa menjadi pilihan.

Lokasi camping ground ini persis di kaki gunung, dengan pintu masuk tepat di samping Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, atau tak jauh dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas.

Foto: Instagram @faithrara

Karena letaknya cukup jauh dari ramainya perkotaan, suasana yang ditawarkan adalah ketenangan dan udara sejuk bebas polusi. Pemandangan Gunung Gede-Pangrango  pun dapat terlihat jelas dari sini.

Untuk bisa berkemah di sini, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp24.000 per orang di hari biasa dan Rp 29.500 per orang di hari libur untuk satu malam berkemah. Biaya parkir motor Rp20.000 per malam dan mobil Rp30.000 per malam.

Foto: Instagram @putri_touor

Kalau tak membawa peralatan berkemah, tak perlu khawatir, karena sudah tersedia fasilitas penyewaannya. Harga sewa tenda mulai Rp70.000 untuk kapasitas 3-4 orang, sleeping bag Rp15.000, matras Rp10.000, dan kompor Rp85.000. Pengelola juga menyediakan kebutuhan lainnya, seperti kayu bakar untuk api unggun, bantal dan selimut, serta penerangan.

Camping sambil memandangi panorama pegunungan saja mungkin tak cukup. Karena itu, pengelola telah menyediakan beragam aktivitas menarik untuk pengunjung. Salah satunya adalah menyusuri danau dengan naik perahu sembari menikmati panorama yang asri di sekitarnya. Biayanya Rp25.000 untuk satu putaran.

Foto: Dok. Google Maps/Kayopmet Kayopmet

Usai menaiki perahu, kamu bisa bersantai sejenak di tepi danau, atau beranjak menuju air terjun yang ada di sekitarnya, seperti Curug Cibogo, atau bahkan ke Curug Cibereum yang lebih jauh. Untuk mencapainya, kamu mesti trekking melalui jalur yang menembus hutan selama sekitar satu jam. Cukup jauh memang dan medannya terus menanjak, namun perjalanan tersebut tak akan terasa membosankan, karena akan disuguhi pemandangan cantik di sepanjang jalan.

Opsi lainnya, kamu dapat menikmati kegiatan outbound yang seru, seperti spider net, lintas tali, hingga lintas danau. Jangan lewatkan pula flying fox di atas aliran sungai. Dengan berbagai macam aktivitas ini, dijamin kamu pun tak akan bosan selagi camping di sini.

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas terletak sekitar 90 km jauhnya dari pusat kota Jakarta. Untuk mencapainya, kamu bisa berkendara selama dua jam via Jalan Tol Jagorawi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here