Bukit Cirimpak, Spot Camping Pilihan di Megamendung

Foto: Instagram @fbi_andrean10

Berencana melewatkan liburan dengan berkemah di lokasi yang dekat dari kota? Kalau kamu tinggal di kawasan Bogor dan sekitarnya, Bukit Cirimpak bisa menjadi pilihan nih!

Terletak di kawasan Megamendung, spot satu ini masih terbilang baru dan belum banyak diketahui wisatawan, sehingga suasananya sepi dan tenang layaknya private camp. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan tempat camping lain di Puncak yang selalu ramai di akhir pekan. Tak hanya itu, lokasinya pun mudah dicapai dari pusat kota.

Berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, Bukit Cirimpak terletak sekitar 23 km dari Bogor. Dari Cimory Dairland Puncak, kamu bisa belok kiri melewati Jalan Pusdik Polri, lalu terus ke atas melalui jalur yang berkelok-kelok hingga tiba di Bukit Cirimpak. Medannya berupa jalan beraspal dan bisa dilalui motor ataupun mobil.

Foto: Instagram @davidmunandar__

Dari lokasi parkir, kamu bisa menuju camping ground dengan berjalan kaki selama 5-10 menit melalui anak-anak tangga maupun jalan setapak yang terus menanjak. Jangan lupa membawa keperluan camping yang dibutuhkan agar tak bolak-balik naik turun. Kamu juga bisa meminta tolong staf di lokasi untuk membantu membawakan barang-barang bawaan.

Sesampainya di puncak, kamu bisa menjumpai hamparan rumput luas dengan pepohonan di sekelilingnya. Kamu bisa langsung mendirikan tenda sebelum matahari terbenam, sementara staf mencarikan kayu bakar untuk membuat api unggun.

Foto: Instagram @bukit_cirimpak

Karena berada di ketinggian, Bukit Cirimpak tak hanya menawarkan hawa yang sejuk, namun juga sering diselimuti kabut tebal di sore hari, sehingga suasananya makin eksotis. Di malam hari, pemandangannya makin cantik dengan kelap-kelip lampu kota di kejauhan. Sembari menikmati hangatnya api unggun, kamu bisa menikmati makan malam di bawah langit bertaburkan bintang.

Keesokan paginya, bangunlah lebih awal untuk menikmati panorama matahari terbit. Kalau cuaca sedang bagus, Gunung Gede dan Pangrango maupun Gunung Salak dapat terlihat dari sini. Panorama tersebut bisa kamu nikmati sembari sarapan ditemani suara kicauan burung.

Foto: Instagram @adit.syahfiar

Untuk berkemah di sini, kamu hanya perlu membayar Rp35 ribu per orang, sudah termasuk biaya parkir maupun penitipan helm. Fasilitasnya sendiri cukup lengkap, dari toilet, musala, kayu bakar gratis, lampu penerangan, colokan listrik, dan lainnya.

Kalau tak ingin repot membawa peralatan camping, kamu bisa menyewa di lokasi dengan biaya yang terjangkau. Jadi, kamu hanya cukup menyiapkan keperluan pribadi maupun perbekalan. Untuk reservasi, hubungi WhatsApp 081284063405 atau 081281742168.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here