Menyaksikan Indahnya Danau Vulkanik dari Puncak Gunung Talang

Foto: Instagram @hullgatess

Berkunjung ke Sumatera Barat tak hanya berarti berwisata kuliner. Di kawasan ini jugalah kamu bisa menjumpai sejumlah destinasi alam yang pesonanya mampu memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Buat kamu yang senang mendaki gunung, salah satu puncak yang bisa kamu daki di sini adalah Gunung Talang.

Terletak di Kabupaten Solok, sekitar 40 km di timur kota Padang, gunung berapi ini terutama terkenal dengan pemandangan danau vulkanik maupun hamparan kebun teh yang bisa dinikmati di sepanjang jalur pendakian ataupun di puncaknya.

Foto: Instagram @carlafelany

Untuk mengaksesnya, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam berkendara dari Padang hingga tiba di base camp. Ada dua pilihan jalur pendakian, yakni via Air Batumbuk dan via Bukit Sileh. Walau lebih panjang, jalur yang pertama disebut ini lebih direkomendasikan karena terbilang ramah untuk pendaki pemula.

Sementara jalur pendakian via Bukit Sileh lebih menantang karena medannya lebih berat, terutama di musim hujan ketika jalurnya rawan menjadi kolam lumpur. Selain itu, pemandangan danau vulkaniknya juga baru terlihat jelas di puncak.

Foto: Instagram @cece_chaann

Lain lagi bila melalui Air Batumbuk karena kamu dapat menikmati keindahan danau vulkanik tersebut di sepanjang jalur pendakian. Dengan total 54 rambu atau titik pendakian, kamu bisa mencapai puncak dalam waktu 3-4 jam.

Durasinya bahkan bisa lebih cepat lagi kalau sudah terbiasa mendaki atau tak banyak berhenti. Selain itu, ada pula opsi naik ojek dari pos registrasi pendakian hingga R6 yang jaraknya sekitar 3-4 km. Opsi ini bisa dipilih bila ingin mempersingkat waktu pendakian.

Foto: Instagram @puanindya

Dalam perjalanan, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang unik, seperti Hutan Mati dengan pepohonan yang tampak hangus akibat letusan Gunung Talang. Pemandangan hutan ini semakin apik dengan panorama gunung-gunung yang ada di sekitarnya sebagai latar.

Setibanya di puncak, pemandangan danau vulkanik yang ada di kawasan gunung ini akan terlihat jelas, dari Danau di Atas, Danau di Bawah, hingga Danau Talang. Kalau cuaca sedang cerah, puncak Gunung Kerinci yang ada di kejauhan pun bisa terlihat dari sini.

Foto: Instagram @raryon

Selain menikmati pemandangan alam di sekitar gunung ini, kamu bisa menyaksikan indahnya bunga warna-warni yang tumbuh di sini, seperti kantong semar dan edelweiss. Kalau ingin bermalam, kamu bisa berkemah di Cadas, lokasi camping favorit yang ada di R54.

Dilengkapi sumber air musiman, area camping ini luas dan dapat menampung hingga ratusan tenda. Di malam hari bila langit sedang cerah, kamu bisa menyaksikan kelap-kelip bintang. Keesokan paginya, bangunlah lebih pagi untuk mendaki menuju puncak dan menyaksikan pemandangan matahari terbit.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here