Menikmati Segarnya Air Terjun Oenesu

Untuk menghindari cuaca terik Kupang, tak ada yang lebih menyegarkan selain berkunjung ke Desa Oenesu yang merupakan lokasi Air Terjun Oenesu. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota, tak perlu berjalan jauh dari tempat parkir dan telah tersedia anak-anak tangga untuk menuju air terjun empat tingkat yang tersembunyi di tengah hamparan hutan rimbun ini.

Di Kupang yang gersang, keberadaan air terjun ini memang bagai oasis. Dikelilingi pepohonan yang tinggi dan rindang, suasana di sekitarnya begitu asri, sehingga membuat orang dapat melarikan sejenak dari hawa panas kota.

Tak hanya menyuguhkan suasana asri dan pemandangan yang indah, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yakni memiliki empat tingkat. Menariknya lagi, di setiap tingkatan air terjun ini terbentuk kolam alami yang menyediakan tempat bagi pengunjung untuk berendam di air yang sejuk.

Arus air terjunnya terbilang aman, dan kamu bisa berendam atau berenang meski berada di dekatnya. Merasakan dinginnya air terjun sembari menghirup udara yang segar di kawasan hutan yang rimbun ini akan menjadi pengalaman tersendiri, terutama untuk masyarakat kota yang sering terpapar oleh polusi.

Foto: Dok. Google Maps/Sri Yulianti

Aliran air di sini pun tak pernah berhenti. Di musim kemarau sekalipun, Air Terjun Oenesu tidak pernah kering, walau tentu saja debit airnya tidak sebanyak ketika musim hujan. Karena itulah air terjun ini dapat dikunjungi sepanjang tahun.

Untuk menarik kunjungan, Air Terjun Oenesu telah dilengkapi sejumlah fasilitas, termasuk gazebo yang bisa digunakan untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Fasilitas lainnya termasuk toilet maupun area parkir yang luas.

Walau begitu, belum terdapat warung yang menjajakan makanan, sehingga disarankan untuk membawa bekal sendiri dan berpiknik di lokasi. Sesudah makan, jangan lupa untuk membawa kembali sampah sisa makanan, dan pastikan untuk tidak mengotori atau mencemari lingkungan.

Air Terjun Oenesu dapat diakses dengan berkendara sekitar 50 menit dari pusat kota Kupang. Kondisi jalannya sudah cukup bagus, dengan jajaran pohon rindang yang akan menemani di sepanjang perjalanan. Jarak dari lokasi parkir menuju air terjun pun tak begitu jauh, hanya sekitar 600 meter.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here