Rindangnya Taman Hutan Joyoboyo, Cocok untuk Olahraga!

Foto: Dok. Google Maps/Frendy Setiawan

Taman kota merupakan destinasi wisata favorit untuk keluarga yang tinggal di kota-kota besar. Selain aksesnya mudah, berbagai fasilitas penunjang yang ada di sana bisa dinikmati secara gratis. Tak hanya berekreasi, di sini pulalah warga setempat dapat berolahraga sambil menghirup udara segar.

Di Kediri, salah satu taman kota yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Hutan Joyoboyo yang berlokasi di seberang Stadion Brawijaya Kediri. Sama seperti ruang terbuka hijau lain yang ada di berbagai kota di Indonesia, daya tarik utama taman ini adalah lingkungannya yang begitu asri dan penuh pepohonan rimbun.

Foto: Dok. Google Maps/Icha Rifati

Lahan seluas 2,6 hektar ini tadinya kumuh, sebelum kemudian disulap oleh pemerintah kota menjadi taman yang bersih dan terawat. Berbagai jenis tanaman pun ditanam di sini, dari tanaman perdu dan berkayu hingga tanaman hias, sehingga semakin mempercantik tampilannya.

Kamu bisa menikmati keindahan taman ini sambil berjalan santai atau berlari di trek jogingnya yang dibuat mengelilingi seluruh area. Jalurnya berkelok-kelok, namun nyaman untuk dilalui dan sudah ditata dengan apik. Dengan adanya jalur ini, diharapkan pula agar pengunjung tidak sembarangan menginjak rerumputan atau tanaman lain yang tumbuh di area taman.

Foto: Dok. Google Maps/Icha Rifati

Selain berkeliling di trek jogingnya, kamu bisa melihat pepohonan ini dari dekat dengan berjalan melalui skybridge. Sepanjang 240 meter, jembatan gantung ini membentang dari utara hingga selatan taman dan kerap dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati suasana taman dari ketinggian.

Bila ingin beristirahat, kamu bisa melepas lelah di sejumlah tempat duduk unik yang dibuat dari akar-akar pohon. Opsi lainnya, kamu bisa berfoto di sejumlah spot terbaiknya, seperti di bagian depan taman dengan tulisan ‘Taman Hutan Joyoboyo’, di atas jembatan gantung, atau di samping instalasi unik yang tersebar di penjuru taman.

Foto: Dok. Google Maps/Ratinem RF

Di sekeliling taman juga sudah dibangun fasilitas lainnya, seperti wahana bermain untuk anak-anak yang dilengkapi ayunan dan perosotan. Tak ketinggalan, fasilitas penting seperti toilet, musala, dan area parkir pun tersedia untuk mendukung kenyamanan pengunjung.

Saat malam tiba, taman ini semakin cantik dengan deretan lampu yang dipasang di sejumlah titik. Tak heran bila taman ini terutama ramai menjelang sore hingga malam tiba ketika cuacanya lebih mendukung untuk bersantai.

Foto: Dok. Google Maps/Jalu Gumelar

Namun, kalau ingin menghindari keramaian, kamu bisa datang sedari pagi di luar akhir pekan ataupun hari libur nasional. Sepuas bermain di taman ini, tak jauh dari sini terdapat sederet tempat makan yang cocok untuk tempat mengisi perut.

Untuk mengakses Taman Hutan Joyoboyo, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Ahmad Yani, sekitar 15 menit berkendara dari Alun-alun Kediri. Seperti disebutkan di atas, lokasinya persis di seberang Stadion Brawijaya. Bila sudah pernah kemari atau menemukan stadion ini, taman ini terletak tak jauh dari sana.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here