Sibayak Altitude Run, Lomba Lari Gunung Menantang di Jalur Pendakian Sibayak

Foto: Instagram @goklasbobo

Sedang mencari kegiatan lari dengan jalur lintas alam yang menantang? Barangkali Sibayak Altitude Run dapat menjadi pilihan.

Sesuai namanya, acara lari gunung tahunan satu ini memanfaatkan jalur pendakian di Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Digelar pertama kalinya pada 2016, Sibayak Altitude Run tahun ini akan menjadi bagian dari Kejurda Sumut sebagai ajang kualifikasi Seleknas dan Kejurnas ALTI 2023. Acara ini sendiri rencananya akan berlangsung pada 18 Maret 2023.

Foto: Instagram @kykysiregar

Lintasan Menantang

Lintasan Sibayak Altitude Run akan melalui hutan belantara tropis dan tebing yang penuh tantangan, hingga menggapai puncaknya. Kamu bisa melihat hamparan dataran maupun pemandangan kawahnya yang masih aktif, sebelum turun kembali ke bawah.

Untuk ketinggiannya sendiri berkisar 1.000-2.000 mdpl dengan jalur yang sempit dan agak curam. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Namun, bagi para pelari yang masih pemula, tak perlu khawatir karena ada kategori dengan jarak tempuh yang pendek.

Foto: Instagram @kykysiregar

Total ada tiga kategori yang dilombakan Sibayak Altitude Run, yakni 4K (COT 1 jam), 11K (COT 3 jam), dan 21K (COT 6 jam). Untuk registrasi, kamu bisa langsung mengunjungi sibayakaltituderun.com. Pendaftaran paling lambat 12 Maret, jadi masih ada waktu bila ingin mengikuti Sibayak Altitude Run.

Biaya registrasinya adalah Rp250 ribu untuk kategori 4K, Rp375 ribu untuk 11K, dan Rp475 ribu untuk 21K. Biaya tersebut sudah termasuk BIB, jersey, maupun finisher medal.

Foto: Instagram @goklasbobo

Sebagai informasi, lokasi venue Sibayak Altitude Run ada di Sibayak Ncole, Desa Raja Berneh. Untuk mencapainya, kamu bisa berkendara sekitar 13 km dari kota Berastagi, atau dapat kamu tempuh dengan berkendara selama 30-40 menit.

Kalau dari Medan, jarak tempuhnya sekitar 60 km, atau 2,5 jam berkendara. Bila datang dari luar kota, ada baiknya mencari akomodasi yang ada di sekitar kawasan wisata Gunung Banyak. Untuk info lanjut, kunjungi akun Instagram @sibayakaltirun.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here