Bukit Lawang Jungle Trail Run, Berlari sambil Berinteraksi dengan Orangutan

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia dengan lanskap beragam, dari pantai hingga pegunungan yang berselimutkan hutan lebat.

Telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO bersama Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, salah satu daya tarik utamanya adalah kawasan wisata Bukit Lawang yang dihuni spesies orangutan Sumatera maupun satwa liar lainnya.

Walau dapat diakses dengan hanya perjalanan satu hari dari Medan, untuk pengalaman melihat orangutan dan menikmati suasana hutan hujan Sumatera secara optimal, disarankan menginap setidaknya satu atau dua malam di salah satu akomodasi di Bukit Lawang. Lagipula, dengan menginap di sini, kamu dapat sekalian berkontribusi terhadap konservasi orangutan.

Kalau mau melakukan aktivitas yang lebih seru lagi, kamu bisa mengikuti Bukit Lawang Jungle Trail Run yang akan digelar pada 27-28 Mei mendatang. Kegiatan ini menawarkan pengalaman tak terlupakan berlari di tengah hutan dan berjumpa dengan orangutan di habitat aslinya.

Buat para pemula, kamu tak perlu khawatir, karena kategori yang ditawarkan beragam, dari yang relatif mudah hingga untuk yang sudah terbiasa berlari jarak jauh di alam terbuka. Total ada empat kategori yang tersedia, yakni Fun Trail 7K (COT 4 jam), Challenge Trail 11K (COT 9 jam), Adventure Trail 24K (COT 6 jam), dan Marathon Trail 42K (COT 12 jam).

Untuk registrasi, kamu bisa langsung mengunjungi arrasadventure.com. Pendaftaran ditutup pada 25 April 2022 atau bila slot habis. Biayanya Rp275 ribu untuk Fun Trail, Rp375 ribu untuk Challenge Trail, Rp575 ribu untuk Adventure Trail, dan Rp700 ribu untuk Marathon Trail.

Biaya tersebut sudah termasuk jersey, finisher medal, makanan ringan di bus, shuttle bus dari Bandara Kualanamu menuju Bukit Lawang (27 Mei 2022 pukul 11:00 WIB) maupun sebaliknya (29 Mei 2022 pukul 11:00 WIB). Dengan mengikuti acara ini, kamu juga turut berkontribusi dalam gerakan penyelamatan hewan oleh Toba Animal Friends.

Arras Adventure selaku penyelenggara ajang olahraga ini juga telah menyiapkan daftar akomodasi yang bisa kamu pilih untuk bermalam di Bukit Lawang. Harganya beragam, dari Rp100 ribu hingga Rp2 juta per malam, tergantung jenis kamar maupun fasilitasnya. Untuk info lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here