Bali Ultra Trail 2022, Tantangan Berlari di Kawasan Geopark Batur

Bali kerap dipilih sebagai tempat digelarnya sejumlah kegiatan sport tourism yang bergengsi di Indonesia, salah satunya adalah Bali Ultra Trail. Setelah dua tahun ditunda karena pandemi, ajang yang telah dinantikan oleh para pelari lintas alam ini akhirnya hadir pada 6-7 Agustus mendatang.

Acara ini akan digelar di Kintamani dengan melombakan jarak ultramaraton 50-80 km. Meski demikian para pelari pemula tak perlu khawatir, karena ada pula jarak non-maraton 10-25 km yang sama-sama menyuguhkan pemandangan indah dari kawasan Geopark Batur.

Rutenya akan melalui gunung, tepi kawah, batu lava, desa, dan bukit-bukit yang menawarkan pemandangan dari salah satu kaldera terindah di dunia. Peserta tak hanya bisa merasakan keseruan berlari di medan yang menantang, namun juga merasakan langsung keramahan penduduk setempat, sehingga kegiatan ini dapat menjadi pengalaman yang berkesan.

Total ada 4 kategori yang tersedia, yakni BUT10 (11 km), BUT25 (23 km), BUT50 (51 km), dan BUT80 (77 km). Kamu bisa memilih kategori sesuai kemampuan masing-masing.

Foto: Instagram @nikeetje

Untuk kategori BUT10 dan BUT25, kegiatannya akan dilangsungkan pada 7 Agustus pagi dengan titik start dan finis yang sama, yakni Resto Apung, Kintamani. Rutenya melintasi jalur lava hitam, mendaki sampai puncak Gunung Batur, lalu turun kembali menuju titik awal.

BUT50 dilangsungkan pada 6 Agustus dengan rute dari Museum Geopark Batur, kemudian berlari menanjak menuju puncak Gunung Abang, melewati Desa Trunyan, melintasi kawah Gunung Batur, menuju puncak Gunung Batu, menyusuri lava vulkanik, dan finish di Resto Apung.

Foto: Instagram @vincerez

Untuk BUT80, rutenya kurang lebih sama dengan BUT50. Hanya saja dari Desa Trunyan, rutenya dilanjutkan ke Batu Madeg, melintasi pantai dan kawah, sebelum menuju Gunung Batur dan finis di Resto Apung. Pelari akan berlari saat subuh pada 6 Agustus, dan terus berlari selama maksimal 24 jam hingga keesokan paginya.

Karena trek larinya yang menantang, peserta BUT50 wajib sudah pernah menyelesaikan lomba trail sejauh 30 km atau road race sejauh 42 km antara tahun 2018 hingga 2021. Sementara peserta BUT80 wajib sudah pernah menyelesaikan lomba trail sejauh 50 km antara tahun 2018 hingga 2021.

Foto: Dok. Google Maps/Bojana Miseljic

Peserta BUT10 ataupun BUT25 tidak wajib pernah menyelesaikan lomba trail ataupun road race. Namun pahami bahwa kegiatan ini dilakukan di alam, sehingga lakukan persiapan sebaik mungkin, baik dari segi fisik dan stamina maupun perlengkapan untuk menghadapi medan maupun cuaca yang tak bisa diprediksi.

Batas akhir pendaftaran adalah 9 Juli 2022. Registrasi bisa dilakukan via baliultratrail.com dengan biaya Rp1,1 juta untuk kategori BUT10, Rp1,4 juta untuk kategori BUT25, Rp1,7 juta untuk kategori BUT50, dan Rp2 juta untuk kategori BUT80. Info lebih lanjut, kunjungi laman ini atau ikuti akun Instagram @baliultratrail.official.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here