Jalan-jalan Virtual dengan Seri Dokumenter Persembahan Zenius

Akhir pekan ini berencana liburan ke mana? Kalau pengin di rumah saja, tak ada salahnya untuk jalan-jalan virtual ke sejumlah destinasi populer di Indonesia. Salah satu rekomendasi video untuk jalan-jalan virtual yang bisa kamu pilih adalah seri dokumenter persembahan Zenius yang baru saja diluncurkan pekan ini.

Seri dokumenter bertajuk ‘Mahakarya’ dan ‘Kisah Rasa’ ini mengulas destinasi wisata dan kuliner Nusantara dengan penceritaan berbasis edukasi. Peluncuran ini sendiri merupakan bagian dari kerja sama antara platform edukasi berbasis teknologi tersebut dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mengembangkan komunikasi pemasaran pariwisata di Indonesia.

Foto: Dok. Zenius

Dua seri dokumenter ini dibuat dengan narasi yang memberikan pemahaman dan pengetahuan di balik beragam tradisi, budaya, dan sejarah di berbagai daerah di Indonesia. Bila seri ‘Mahakarya’ berfokus pada warisan terpendam dari tempat peninggalan suatu destinasi wisata, ‘Kisah Rasa’ justru mengungkap identitas dan sejarah Indonesia lewat persembahan kulinernya.

Proses produksi dokumenter ini sudah dilakukan sejak September tahun lalu. Tahapannya meliputi riset, wawancara dengan narasumber, hingga proses praproduksi yang seluruhnya dikerjakan oleh tim Zenius.

Foto: Dok. YouTube/Zenius

Hingga saat ini, Zenius telah menciptakan tiga video untuk keseluruhan episode Jawa Tengah. Di video-video selanjutnya, Zenius akan bekerja sama dengan para mitra Wonderful Indonesia untuk mengembangkan konten ‘Mahakarya’ dan ‘Kisah Rasa’.

Kamu yang tertarik untuk menyaksikannya dapat langsung mengunjungi kanal YouTube Zenius di laman ini. Saat ini, video yang sudah tersedia di kanal tersebut adalah episode pertama dari seri ‘Mahakarya’ yang mengulas tentang Candi Borobudur.

Foto: Dok. YouTube/Zenius

Sabda PS, Founder dan Chief Education Officer Zenius, mengungkapkan bahwa saat ini banyak orang yang senang bepergian ke tempat wisata di Indonesia tanpa mengetahui sejarah dari tempat tersebut.

“Melalui seri dokumenter ini, kami ingin masyarakat luas untuk memiliki pengetahuan yang baik dari kebudayaan Indonesia, sehingga bisa mendapatkan jawaban dari fakta-fakta menarik, seperti alasan di balik rasa manis dari rata-rata makanan di Jawa Tengah, atau proses pembangunan Candi Borobudur yang begitu rumit di masanya. Dengan cara ini pula, masyakarat dapat lebih mengapresiasi dan melestarikan kebudayaan Indonesia,” imbuhnya.

Foto: Dok. YouTube/Zenius

Selain meluncurkan seri dokumenter, kerja sama Zenius dan Kemenparekraf nantinya tak hanya terbatas pada konten untuk promosi pariwisata, namun juga pengembangan sumber daya manusia di sektor pariwisata melalui program pelatihan.

Program ini nantinya berupa keterampilan praktikal yang diberikan kepada para pelaku industri pariwisata di seluruh Indonesia. Diharapkan perpaduan konten seri dokumenter maupun pelatihan tersebut dapat membangkitkan kembali pariwisata Indonesia yang sempat terhenti karena pandemi.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here