Pendaki Pemula, Yuk ke Puncak Bukit Seloringgit!

Foto: Instagram

Sedang mencari destinasi untuk pendakianmu selanjutnya? Bila sedang berada di Jombang, Bukit Seloringgit bisa menjadi pilihanmu nih, terutama untuk para pendaki pemula!

Bukit Seloringgit terletak di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, tak jauh dari tempat wisata yang juga terkenal di kawasan ini, yakni Coban Selo Lapis. Dari pusat kota Jombang, kamu dapat mencapainya dengan berkendara selama satu jam, sebelum dilanjutkan dengan pendakian ke puncak.

Foto: Instagram @albashars

Setinggi 800 mdpl, Bukit Seloringgit menawarkan jalur pendakian yang terbilang aman untuk pemula. Namun, karena jalurnya yang bisa membingungkan, sebaiknya sewa pemandu untuk mengantarkan sampai puncak dan turun dengan aman. Biaya pemandu berkisar mulai Rp50-150 ribu per kelompok.

Tergantung pilihan, kamu bisa melakukan pendakian tektok (sekali jalan langsung pulang), ataupun memilih untuk bermalam di sini dengan berkemah. Untuk opsi yang disebutkan terakhir, kamu bisa mendirikan tenda di hutan lindung kawasan Seloringgit. Sementara yang ingin langsung pulang, kamu cukup memarkirkan kendaraan di kaki bukit.

Foto: Instagram @zylnazil

Untuk menuju puncaknya sendiri dibutuhkan waktu sekitar satu jam, tergantung stamina dan kekuatan fisik masing-masing. Tentu saja bila banyak berhenti untuk berfoto ataupun beristirahat, durasi pendakiannya akan lebih lama.

Walau pendakiannya singkat, jangan diremehkan. Tetap siapkan fisik karena medannya yang terus menanjak. Selain itu, siapkan perbekalan yang cukup, seperti air mineral dan makanan ringan.

Foto: Instagram @nasiruddinahmad

Kebanyakan wisatawan datang kemari untuk menikmati keindahan alam yang hijau nan asri di puncaknya. Dari ketinggian jugalah mereka bisa menikmati jajaran pegunungan yang megah, dari Puncak Jengger hingga Puncak Kukusan.

Waktu terbaik kemari adalah menjelang sore untuk menikmati pemandangan matahari terbenamnya yang menawan. Karena itu, pastikan membawa kamera untuk mengabadikan keseruan maupun keindahan alam di Bukit Seloringgit.

Foto: Instagram @daniel_ekoprasetyo

Dalam perjalanan pergi atau pulang, kamu bisa sekalian mampir ke Coban Selo Lapis. Namun, kalau berniat ke dua destinasi ini sekaligus, sebaiknya atur waktu dengan baik. Bila perlu, datang sedari pagi, kemudian pilih ingin mengunjungi yang mana dulu, Bukit Seloringgit atau Coban Selo Lapis. Disarankan pula untuk datang di luar akhir pekan maupun hari libur untuk menghindari keramaian.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here