Berlari Menyusuri Hamparan Sawah di Jogging Track Sudamala

Foto: Instagram @aryawiznu

Berlari sambil melihat hijaunya hamparan sawah merupakan salah satu kegiatan olahraga favorit di Bali. Bila sedang berada di Sukawati, Gianyar, salah satu tempat terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah di Jogging Track Sudamala.

Terletak di Jalan Pantai Purnama, Banjar Gelumpang, panjang trek joging di sini mencapai 1,3 km untuk area memutar, belum termasuk trek sepanjang 575 meter untuk area khusus menuju jembatan Sungai Tangkid. Cukup panjang bukan untuk sekadar berolahraga santai? Terlebih di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar yang memanjakan mata.

Foto: Dok. Google Maps/Lia Lt

Trek joging ini sendiri awalnya dibuka sebagai jalan usaha tani pada 2018 lalu unuk memperbaiki akses yang sebelumnya rusak, sempit, dan becek saat musim hujan. Namun setelah dilakukan survei, jalan tersebut berpotensi dikembangkan sebagai tempat olahraga sekaligus objek wisata baru. Apalagi saat ini Desa Sukawati sedang dicanangkan sebagai desa wisata.

Pengembangan pun dilakukan dengan pembuatan sejumlah sarana, seperti gapura di akses masuknya, bale bengong sebagai tempat untuk beristirahat, jembatan, hingga rumah pohon yang unik. Yang terakhir disebut ini merupakan salah satu spot foto favoritnya yang menawarkan pemandangan sungai.

Foto: Dok. Google Maps/Watuluna Guest House

Tak ketinggalan, sejumlah meja dan kursi yang terbuat dari keramik pun disediakan untuk beristirahat. Penyuka foto juga dimanjakan dengan setidaknya lima spot swafoto. Sementara yang membawa serta si kecil dapat mengajaknya ke area bermain anak yang ada di tengah sawah.

Dilengkapi panorama sekitar yang indah, warga setempat maupun wisatawan pun semakin betah berolahraga maupun berekreasi di Sudamala Jogging Track. Selain sekadar berjalan santai, mereka kerap berlari di sini sembari menanti matahari terbit atau terbenam. Waktu terbaiknya adalah sekitar pukul 06:00 untuk melihat matahari terbit, dan sekitar pukul 18:00 untuk melihat cantiknya matahari tenggelam.

Foto: Dok. Google Maps/AYK

Meski dikemas sebagai tempat rekreasi, jalur yang ada di kawasan ini tetap dimanfaatkan sebagai akses jalan oleh petani dari empat subak di area tersebut. Selain untuk menyejahterakan petani, harapannya agar kawasan ini terus berkembang dan dikenal masyarakat luas, sehingga memberi manfaat bagi warga Desa Sukawati.

Jogging Track Sudamala dapat diakses sekitar 50 menit dari Kuta, atau 10 menit dari Pasar Seni Sukawati. Kalau kelaparan, jangan khawatir karena ada sejumlah warung yang menjual menu sarapan maupun menu khas Bali, lengkap dengan area bersantap yang cocok untuk nongkrong dan bercengkerama bersama teman dan keluarga. Kamu juga bisa membawa bekal sendiri, namun pastikan untuk tidak mengotori lingkungan sekitar ya!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here