Pulau Lahe, Spot Penyelaman Favorit di Pohuwato

Foto: Dok. Google Maps/Serabut Studio

Kabupaten Pohuwatu di Gorontalo memiliki deretan tempat wisata menarik, terutama untuk penyuka wisata bahari. Salah satunya adalah Pulau Lahe yang terletak di Teluk Tomini, atau tepat di seberang Pantai Pohon Cinta.

Pulau mungil tak berpenghuni ini terbilang masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga cocok untuk melepas penat setelah melewatkan hari-hari dengan aktivitas yang padat. Terlebih, Pulau Lahe yang menyuguhkan hamparan pasir putih dan perairan pirus ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang memukau.

Foto: Dok. Google Maps/Adrian Hartomuljono

Tak heran bila pulau ini kerap menjadi destinasi alternatif bagi para penyelam sebelum atau sesudah ke Togean. Selain memiliki koral yang rapat dan beragam jenis, biota yang hidup di sekitarnya pun menjadi daya tarik tersendiri.

Beberapa di antaranya yang kerap ditemukan di perairan Pulau Lahe adalah botana biru, kepe-kepe, kerapu, sersan mayor, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, ada pula cumi-cumi, bintang laut, lili laut, hingga karang meja dan karang tanduk.

Foto: Dok. Google Maps/Dunggio Hendra

Menariknya lagi, kamu bisa menjumpai sejumlah kendaraan bekas di dasar laut Pulau Lahe. Jumlahnya mencapai puluhan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, seperti sepeda motor hingga mobil.

Kendaraan tersebut sengaja ditenggelamkan pada 2017 lalu untuk membantu tumbuh dan berkembangnya satwa laut seperti ikan. Kini, selain melihat ikan-ikan warna warni yang berseliweran di sekitarnya, wisatawan dapat sekalian memanfaatkan kendaraan tersebut untuk spot foto.

Foto: Dok. Google Maps/Maman Djakaria

Tertarik menikmati keindahan bawah laut di Pulau Lahe? Kamu bisa mengakses pulau ini dengan naik kapal dari Pantai Pohon Cinta. Pantai ini bisa dicapai dengan empat jam berkendara dari pusat kota Gorontalo. Setibanya, kamu bisa langsung naik kapal sewaan untuk menuju Pulau Lahe dengan durasi penyeberangan sekitar 15-25 menit, tergantung kondisi ombak.

Pulau ini masih minim fasilitas, hanya ada dermaga dan gazebo untuk berlindung dari teriknya matahari ataupun hujan. Kalau tertarik bermalam di sini, kamu bisa mendirikan tenda di hamparan pasirnya. Namun, pastikan membawa perlengkapan maupun perbekalannya sendiri. Untuk yang ingin snorkeling pun, kamu wajib membawa peralatannya sendiri, atau menyewanya sebelum keberangkatan ke Pulau Lahe.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here