Liburan ke Pantai Wedi Ireng, Serasa Pantai Milik Sendiri!

Sebagai destinasi wisata, Banyuwangi menawarkan paket lengkap untuk segala macam traveler, mulai dari yang ingin berwisata kuliner, budaya, hingga alam. Saking banyaknya aktivitas menarik di sini, kunjungan kemari pun tak cukup hanya beberapa hari.

Kamu bisa meluangkan waktu setidaknya satu minggu untuk berlibur di sini, atau memilih dengan cermat tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan waktu yang terbatas. Misalnya, untuk penyuka wisata bahari, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai terbaiknya, salah satunya adalah Wedi Ireng.

Foto: Instagram @fridaulisr__

Pantai ini terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya masih tersembunyi dengan akses yang cukup membutuhkan perjuangan, sehingga tak heran bila sedikit orang yang berkunjung kemari. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik sendiri, karena kamu bisa menikmati suasana pantai yang sepi dan serasa milik sendiri.

Dari pusat kota Banyuwangi, kamu mesti menempuh jarak sekitar 72,5 km menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pancer. Jalurnya masih searah dengan Pantai Pulau Merah karena letak kedua pantai ini memang berdekatan, hanya berjarak sekitar 3 km.

Foto: Instagram @jalanjalandibanyuwangi

Setibanya, kamu bisa memilih dua jalur untuk menuju Pantai Wedi Ireng. Pertama, jalur darat dengan medan naik-turun bukit. Jalur ini bisa kamu lalui dengan berjalan kaki ataupun naik motor. Namun yang disebutkan terakhir ini tidak direkomendasikan kalau bukan motor trail karena medannya masih terjal, jalannya rusak, dan bisa menyulitkan di musim hujan.

Durasi trekking tergantung stamina dan kecepatan, rata-rata sekitar 30-45 menit. Di sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati rimbunnya pepohonan dan mendengarkan suara alam, seperti kicauan burung. Kalau fisik masih kuat atau suka bertualang, opsi ini lebih disarankan.

Foto: Instagram @jalanjalandibanyuwangi

Selain jalur darat, kamu bisa mencapai Pantai Wedi Ireng dengan menyewa ojek kapal. Biayanya Rp25 ribu untuk satu arah, atau Rp50 ribu untuk dua arah. Kamu bisa naik kapal untuk perjalanan pergi dan pulang, atau bisa juga berangkat dengan trekking, kemudian pulangnya baru naik kapal.

Perjalanan jauh untuk mencapai pantai ini terbayar setibanya di lokasi. Kamu bisa menikmati hamparan pasir putih bersih dengan perairan pirus yang mengepungnya dan bebatuan yang menjorok ke laut. Garis pantainya cukup panjang, dengan latar pepohonan rimbun.

Foto: Instagram @commaditya

Karena lokasinya di teluk, pantai ini tak seperti pantai-pantai lain di pesisir selatan Jawa yang berombak tinggi. Pantai Wedi Ireng menawarkan ombak tenang yang cocok untuk bermain air, berenang, atau bahkan snorkeling.

Di lokasi sudah tersedia warung maupun tempat bilas. Namun, sebaiknya membawa sendiri perbekalan yang kamu butuhkan untuk berjaga-jaga bila tidak ada yang berjualan saat berkunjung ke sana. Jangan lupa pula untuk membawa peralatan snorkeling bila ingin menikmati keindahan bawah lautnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here