Bornong Bike Park, Destinasi Gowes Seru di Kaki Gunung Rinjani

Foto: Dok. Google Maps/Pandu Arsena

Selain mendaki Gunung Rinjani, banyak aktivitas seru dan menantang adrenalin lainnya yang bisa kamu lakukan di kawasan sekitarnya. Salah satunya adalah bersepeda di Bonong Bike Park sembari menikmati alamnya yang masih asri dan alami.

Lokasi bike park ini ada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Sempur, Desa Aik Perapa, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Dari Sembalun, kamu bisa mencapainya dengan berkendara menempuh jarak sejauh sekitar 34 km.

Foto: Instagram @rianew79

Bornong Bike Park terbilang destinasi sepeda baru di Lombok. Tadinya, lintasan yang ada di bike park ini hanya berupa jalan setapak yang biasa dilewati warga. Pemuda setempat kemudian berinisiasi untuk menata lokasi tersebut dan menjadikannya sebagai bike park.

Pada 2019, setelah mengantongi izin dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) sebagai pemilik kawasan, barulah bike park tersebut dibuka untuk umum.

Namun operasionalnya sempat tersendat karena sejumlah kendala, termasuk faktor cuaca, sehingga Bornong Bike Park dibuka kembali pada Agustus 2021 lalu dengan menggandeng Karang Taruna Desa Aik Perapa untuk membuat sirkuit sepeda yang menantang.

Foto: Dok. Google Maps/Pandu Arsena

Kini, bike park ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan ketika para penyuka sepeda gunung berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Warga Lombok juga kerap kemari untuk menjajal lintasan sepeda di sini.

Di area hutan seluas 10 hektar, para pesepeda bisa menikmati serunya gowes di lintasan sepanjang 4,5 km sembari ditemani rimbunnya berbagai jenis pohon. Di beberapa titik juga ada obstacle yang cukup menantang, seperti table top, drop-off, hingga wall ride.

Foto: Instagram @riky.satria

Untuk menikmati bersepeda di sini, pihak pengelola menetapkan tiket masuk sebesar Rp10 ribu orang, serta biaya parkir kendaraan sebesar Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk motor. Sementara biaya transportasi dari lokasi pembelian tiket ke lokasi start hanya Rp5 ribu. Terjangkau bukan?

Karena lokasinya cukup jauh dari ibu kota, yakni sekitar dua jam berkendara dari Mataram, kamu bisa memilih untuk bermalam di homestay yang ada di jalur menuju Bornong Bike Park. Opsi lainnya bila tidak ingin menginap, pastikan berangkat lebih pagi agar lebih puas bermain sepeda di bike park tersebut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here