Gunung Mahawu, Gunung Dekat Manado yang Ramah untuk Pendaki Pemula

Tomohon yang dikelilingi gunung-gunung berapi kerap dipilih sebagai tempat favorit bagi warga Manado untuk berakhir pekan. Selain mudah diakses dan dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar satu jam dari Manado, kota yang berada pada ketinggian ­ini juga menyuguhkan alam yang indah.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah di puncak Gunung Mahawu yang setinggi 1.324 mdpl. Tak hanya kawah, dari puncak Gunung Mahawu bisa terlihat panorama kota Manado, Pulau Bunaken, Siladen, dan Manado Tua.

Untuk mencapainya juga cukup mudah. Setibanya di Tomohon, kamu bisa langsung menuju Desa Rurukan. Kamu bisa menanyakan arah warga setempat maupun lokasi parkir terdekat, sebelum memulai pendakian.

Jalurnya jelas dan tak menyulitkan pendaki pemula. Kamu akan melewati anak-anak tangga dengan besi pembatas yang bisa digunakan untuk berpegangan saat melakukan pendakian.

Selain menikmati panorama asri dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya, kamu juga akan sesekali mendengar suara-suara alam, seperti kicauan burung. Cahaya matahari yang menerobos ranting-ranting pepohonan juga turut menemani perjalananmu, menyajikan pemandangan unik layaknya negeri dongeng.

Karena medannya yang mudah, banyak pengunjung yang datang kemari untuk sekadar bersantai di puncak gunung sambil berpiknik. Tak sedikit pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen, lengkap dengan latar kawah utamanya yang eksotis.

Buat penyuka fauna, jangan lupa membawa teropong maupun kamera untuk berburu foto. Banyak satwa liar yang bisa kamu temui di sini, seperti manguni, celepuk sulawesi, dan pelanduk. Kalau perlu, bangun lebih pagi agar kamu bisa berlama-lama berburu foto, sebelum melanjutkan pendakian ke puncak.

Berkat kesuburan tanah di gunung ini, penyuka flora pun akan dimanjakan dengan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sini, dengan beberapa di antaranya yang langka dan merupakan endemik Sulawesi Utara. Dengan demikian, pengalaman mendaki Gunung Mawahu pun terbilang lengkap. Tak hanya menikmati alam, kamu pun bisa menyaksikan flora dan fauna yang hidup di sini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here