Pulau Panjang, Destinasi Snorkeling Kece Saingan Karimunjawa

Foto: Instagram @zfird

Berbicara Jepara, biasanya yang terlintas pertama adalah Kepulauan Karimunjawa yang telah lama mencuri perhatian para pencinta pantai. Namun, kabupaten ini juga menyimpan destinasi wisata bahari yang tak kalah indah dengan lokasi yang mudah diakses dari pusat kota.

Adalah Pulau Panjang, pulau mungil seluas 19 hektar yang terletak di barat laut Pantai Kartini. Untuk mencapainya, kamu bisa naik kapal sekitar 10-15 menit saja dari Pantai Kartini. 

Foto: Instagram @sosokdalamcermin

Durasi perjalanan ini jelas lebih singkat ketimbang ke Karimunjawa yang bisa mencapai dua jam sekali jalan dengan naik kapal cepat. Tak heran kalau Pulau Panjang sering dituju oleh wisatawan yang hanya punya waktu liburan terbatas, namun tetap ingin menikmati keindahan pantai maupun alam bawah lautnya. Pelancong bujet pun akan dimanjakan karena biaya wisatanya terjangkau. 

Sebagai gambaran, tiket masuk ke Pulau Panjang adalah Rp8.000 per orang. Bila berniat menyewa tenda untuk bermalam di sana, di pulau ini terdapat beberapa penyewaan tenda dengan biaya mulai Rp50.000. Lalu, untuk biaya naik kapalnya sendiri Rp25.000 per orang pulang pergi, atau Rp40.000 per orang pulang pergi bila berniat menginap dan kembali keesokan harinya. 

Foto: Instagram @anditrinurfauzi

Setibanya di Pulau Panjang, kamu dapat menikmati hamparan pasir putih maupun perairan biru nan jernih yang mengepung pulau. Bahkan, dari atas dermaga, kamu dapat langsung menyaksikan keindahan alam bawah lautnya dengan batuan karang maupun ikan warna-warni yang berenang di sekitarnya. 

Pulau ini memang tak berpenghuni, namun fasilitasnya cukup memadai. Dekat gapura masuk di objek wisata ini, kamu bisa menemukan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Ada pula penjaja yang menjual aksesori untuk oleh-oleh, sementara yang lain menyewakan perlengkapan snorkeling maupun berkemah. Berjalan sedikit, kamu juga bakal mendapati toilet dan musala. 

Foto: Instagram @anggapramana38

Kalau datang sedari pagi, kamu bisa mengitari pulau terlebih dahulu dengan menyusuri jalan setapak yang sudah di-paving. Pepohonan tumbuh rimbun di kanan kirinya, sehingga kamu dapat berjalan dengan nyaman karena tak banyak sinar matahari yang dapat menembus rindangnya dedaunan di pohon tersebut. 

Ditemani suara kicauan burung, kamu dapat melihat berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sini. Kamu bahkan dapat mampir sejenak di area pantai yang sepi untuk mencari ketenangan. Enggan berjalan kaki? Tak perlu khawatir, di sini juga disediakan sepeda sewaan yang bisa dibawa keliling pulau. Biaya sewanya sekitar Rp20.000. 

Foto: Instagram @gansadventure

Puas berkeliling pulau, kamu dapat bermain di tepian pantai, berlarian di pasir putihnya yang halus, atau langsung berenang untuk menjelajah alam bawah lautnya. Perairannya cukup dangkal dan ombaknya relatif tenang, sehingga kamu dapat menikmati keindahannya dengan mudah. Namun berhati-hatilah agar tak merusak karang dengan menginjaknya ya. 

Bagi yang tak membawa alat snorkeling, kamu bisa menyewanya terlebih dahulu. Biayanya terjangkau, yakni sekitar Rp50.000. 

Foto: Instagram @hanifphotography

Menjelang matahari terbenam, kamu dapat naik kapal untuk kembali ke Pantai Kartini. Sementara yang berniat berkemah, dapat langsung mendirikan tenda di hamparan pasir pantainya yang luas. Selain menikmati sunset, sunrise di sini pun tak kalah cantik dengan matahari yang menyeruak muncul dari balik Gunung Muria. 

Pantai Kartini yang menjadi gerbang ke Pulau Panjang dapat diakses dari pusat kota Jepara dengan berkendara selama 15 menit. Selain Pantai Kartini, kamu juga bisa naik kapal ke Pulau Panjang dari Pantai Bandengan, namun durasinya lebih lama, yakni sekitar setengah jam. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here