Pameran Seni Miracle at Jogja Gallery Digelar hingga 23 Juni

Foto: Instagram @hei.pitryy

Jogja Gallery tengah menggelar pameran seni bertajuk Kecil Itu Indah Miracle #5. Pameran ini berlangsung hingga 23 Juni 2022 di lantai dasar galeri yang beralamatkan di Jalan Pekapalan No. 7, Alun-alun Utara Yogyakarta.

Kecil Itu Indah (KII) pertama kali digelar oleh Miracle Prints Artshop & Studio pada 2017, setahun setelah KII yang merupakan program reguler tahunan Edwin’s Gallery dihentikan di edisi ke-14 pada 2016.

Foto: Instagram @sabitaardyanti

Syahrizal Pahlevi selaku pemilik Miracle Prints mengakui bahwa pameran tersebut terinspirasi dari KII Edwin’s Gallery, namun bukan kelanjutan dari pameran sebelumnya. Karena itu, pameran ini merupakan ‘kepindahan sesaat’ dari ruang sederhana Miracle Prints ke ruang pamer Jogja Gallery yang tentunya memiliki fasilitas lebih lengkap.

“Pameran kali ini menampilkan karya seni dua matra maupun tiga matra dengan ukuran maksimal sisi terpanjang 30 cm. Para pesertanya merupakan hasil seleksi dari pendaftaran terbuka kepada seluruh perupa di Indonesia yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya,” jelas Syahrizal Pahlevi, seraya menambahkan bahwa tak ada tema khusus yang diangkat dalam pameran.

Foto: Instagram @dwis.stywt

Menariknya, pameran KII Miracle #5 digelar bersamaan dengan Pameran 19 Perupa yang memamerkan berbagai jenis karya, dari seni grafis, lukisan, patung, keramik, hingga instalasi, yang seluruhnya merupakan buatan tahun 2021-2022.

Bila dibandingkan dengan KII Miracle #5 yang karya-karyanya berukuran kecil, di Pameran 19 Perupa seniman dibebaskan dalam dimensi karyanya, sehingga ukurannya pun lebih beragam.

Foto: Instagram @kovlak.4065

Karena digelar dalam waktu dan ruang yang sama, perencanaan tata letaknya pun harus apik agar karya-karyanya tak terkesan saling berebut dinding ruang. Untungnya, dengan sistem penyekatan, dua pameran tersebut seolah memiliki ruangnya sendiri tanpa saling mengintervensi. Bila tak cermat, pengunjung akan kesulitan membedakan karya KII Miracle #5 dengan karya Pameran 19 Perupa.

Selain menyaksikan pameran, pengunjung juga dapat mengikuti workshop seni grafis pada 15-19 Juni 2022 mulai pukul 12:00-15:00, serta talk show pada 21 Juni 2022 pukul 14:00 hingga selesai.

Foto: Instagram @dwis.stywt

Pameran gratis dan terbuka untuk umum tiap Selasa hingga Minggu, Senin dan libur nasional tutup. Ada 4 sesi kunjungan tiap harinya, yakni pukul 10:00-12:00, pukul 12:00-14:00, pukul 14:00-16:00, dan pukul 16:00-18:00.  Sebelum berkunjung, silakan reservasi kunjungan pada tautan yang ada di bio akun Instagram @jogja_gallery atau klik laman ini.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here