The Mandalika 100, Berlari sambil Beach Hopping di Pesisir Selatan Lombok

Lomba lari lintas alam The Mandalika 100 kembali digelar tahun ini pada 3-4 September mendatang. Seperti tahun sebelumnya, ajang yang digelar FOnesport Indonesia dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mengajak peserta untuk menikmati suasana lari yang baru sembari menyingkap keindahan deretan pantai di Lombok yang namanya mungkin masih terdengar asing di telinga mereka.

Sebagai destinasi wisata, Lombok memang menyimpan keindahan alam yang sebagian besar masih belum tersentuh oleh pariwisata. Sebut saja deretan pantainya yang berada di pesisir selatan Lombok, dari Pantai Gerupuk di sisi timur hingga Pantai Sekotong di sisi barat.

Sejumlah pantai yang ada di kawasan pesisir selatan ini tak banyak diketahui wisatawan, padahal pemandangannya tak kalah indah dengan pantai-pantai populer lain di Lombok. Selain itu, suasananya sepi dan serasa pantai privat, sehingga kamu bebas menikmati keindahannya tanpa harus berhadapan dengan kerumunan turis.

Sebut saja Pantai Munah yang dikelilingi perbukitan dengan bebatuan yang menghiasi bibir pantainya. Atau Pantai Areguling dengan pemandangan Gili Nusa di seberangnya. Masing-masing pantai ini menyimpan pesonanya sendiri, sehingga menarik ditelusuri dengan beach hopping alias berwisata dari satu pantai ke pantai lainnya.

Foto: Dok. Google Maps/Tur Ojak

Dengan mengikuti The Mandalika 100, kamu bisa melakukan dua aktivitas sekaligus, yakni berolahraga sambil beach hopping. Jaraknya bisa kamu pilih sendiri, dengan yang paling jauh adalah 120 km.

Titik start-nya ada di Pantai Kuta Mandalika yang merupakan primadona masyarakat Lombok. Dari situ, peserta diajak ke Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawun, Pantai Telawas, Pantai Torok, Pantai Pengantap, hingga Pantai Sekorong. Total elevasinya adalah 5.160 meter dengan batas waktu 28 jam.

Opsi lainnya, kamu bisa memilih kategori 53K dengan rute Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawun, Pantai Telawas, dan finis di Pantai Selong Belanak. Total elevasinya adalah 1.721 meter dengan batas waktu 12 jam.

Ada pula jarak 25K dengan rute Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, dan finis kembali di Pantai Kuta Mandalika. Total elevasinya adalah 344 meter dengan batas waktu 5 jam.

Peserta yang ingin mengikuti kategori 120K wajib pernah menyelesaikan lomba lari trail dengan jarak minimum 50K. Begitu pula untuk peserta kategori 53K, mereka wajib pernah menyelesaikan lomba lari trail minimum 30K. Sementara untuk peserta kategori 25K, syaratnya wajib pernah menyelesaikan lomba lari  trail minimum 15K, atau road race minimum 21K.

Registrasi bisa melalui mandalika100.com dengan biaya pendaftaran tergantung kategori yang kamu pilih, yakni Rp500 ribu untuk 25K, Rp800 ribu untuk 53K, dan Rp1,25 juta untuk 120K. Syarat dan ketentuan bisa berubah tergantung situasi pandemi. Karena itu, peserta wajib mengecek situs resmi The Mandalika 100  atau akun Instagram @mandalika100ultra secara berkala untuk info terkini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here