Persiapan Sebelum Berangkat Car Camping, Pemula Wajib Tahu!

Pandemi yang tak kunjung selesai membuat rencana liburan terus tertunda dan daftar destinasi yang ingin dikunjungi semakin bertambah. Nah, daripada diam di rumah saja tanpa melakukan apa-apa, kamu bisa merencanakan liburan impianmu dari sekarang.

Bila memilih untuk bepergian sendiri atau dengan teman-teman dan anggota keluarga dalam grup kecil, kamu dapat menghemat sedikit uang dengan melewatkan malam di kamar hotel yang mahal dan tidur di camping ground.

Tak terbiasa camping? Tak masalah, kamu dapat berkemah dengan memanfaatkan mobil yang kamu punya, atau yang biasa dikenal sebagai car camping. Dengan car camping, kamu dapat berkendara langsung ke lokasi berkemah tanpa harus susah payah berjalan lagi. Selain itu, car camping lebih fleksibel karena kamu bisa berkemah di lokasi mana saja yang kamu inginkan.

Kalau belum pernah melakukan car camping, berikut beberapa tips berguna yang bisa kamu terapkan.

  1. Siapkan storage box

Storage box ini berguna untuk menampung kebutuhan berkemah agar barang tak tercecer di mobil dan bisa mudah dikemas sepulang camping. Saat menyiapkan area kursi belakang untuk tidur, wadah-wadah tersebut bisa dengan mudah kamu pindahkan ke kursi depan.

Pisahkan isi storage box berdasarkan jenisnya, misalnya perlengkapan tidur (kantong dan alas tidur serta selimut), charger dan baterai, alat memasak, makanan, pakaian, dan perlengkapan mandi.

  1. Atur tempat tidur

Siapkan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk tidur di dalam mobil, entah berupa satu set alas tidur yang diletakkan berdampingan, atau kasur yang nyaman.

Sebelum membeli, pastikan untuk mengecek ukuran mobil dan memastikan kasur tersebut muat di dalam. Siapkan juga tirai untuk menutup jendela mobil demi privasi ekstra.

  1. Bawa perlengkapan mandi dalam ukuran travel size

Kamu sering mengumpulkan sampel kosmetik atau membawa pulang botol-botol sabun kecil dari hotel? Barang-barang tersebut berguna untuk dibawa saat camping karena tak memakan banyak ruang.

Kalau tak ada, carilah produk dalam ukuran travel size, lalu masukkan semua perlengkapan mandi tersebut dalam satu wadah.

  1. Siapkan hiburan

Seringkali camping ground yang kita tuju susah sinyal, atau bahkan tak ada sinyal sama sekali. Biar tak bosan, sebelum berangkat camping kamu bisa mengunduh film favoritmu untuk ditonton secara offline, atau menyiapkan lagu-lagu yang bisa diputar untuk menemani membaca buku di bawah langit bertabur bintang. Namun pastikan volume suaranya tidak terlalu keras agar tidak mengganggu campers di sekitarmu.

  1. Bawa peralatan minimalis yang multifungsi

Hal ini penting, agar barang-barang yang dikemas bisa hemat ruang. Misalnya, bawa pisau lipat yang bisa berfungsi juga sebagai sendok, garpu, dan pembuka botol, atau satu set alat masak khusus camping yang mudah disimpan.

  1. Bawa penerangan

Siapkan headlamp, senter, dan/atau lampu tenda untuk penerangan di malam hari. Pastikan juga membawa baterai ekstra atau gunakan alat yang bisa diisi ulang dayanya dengan charger.

  1. Bawa tempat duduk dan meja lipat

Carilah kursi dan meja khusus camping yang bisa dilipat sampai kecil dan dimasukkan di antara kursi mobil. Kamu bisa memanfaatkannya untuk duduk di luar mobil sambil menyantap makanan. Kalau camping di dekat pepohonan, kamu juga bisa membawa hammock untuk diikatkan di antara dua pohon.

  1. Pertimbangkan roof box

Kalau ada uang lebih, kamu bisa mempertimbangkan untuk memasang roof box (bagasi atas mobil). Barang-barang yang tak perlu digunakan saat tidur bisa disimpan di sana agar ruang tidur lebih lega.

  1. Bawa uang tunai

Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak saja orang yang tak lagi membawa uang tunai. Namun, uang tunai tetap harus dibawa saat camping, terutama bila berkunjung ke area yang jauh dari perkotaan. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan darurat, seperti membeli perbekalan.

  1. Jangan tinggalkan jejak

Kemas seluruh sampah dan bawa pulang. Jangan sampai mengotori lingkungan, dan pastikan area camping sama bersihnya saat kamu tiba pertama kali di lokasi. Sebelum meninggalkan lokasi, pastikan juga api unggun benar-benar padam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here