Berlari sambil Menikmati Suguhan Alam dan Budaya di Desa Carangsari

Kunjungan ke desa wisata tak hanya memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan alam yang masih asri. Di sana, kamu bisa sekalian mengenal budaya setempat yang tentunya akan menambah wawasan dan membuat liburan itu sendiri menjadi lebih berkesan.

Karena itu, lain kali berkunjung ke suatu destinasi, jangan lewatkan kesempatan mampir ke salah satu desa wisatanya. Di Bali, misalnya, kamu bisa menyambangi Desa Carangsari yang berlokasi di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Berbatasan dengan Sungai Ayung yang terkenal sebagai tempat arung jeram, atau sekitar satu jam berkendara dari Denpasar, desa ini terkenal sebagai tempat lahirnya I Gusti Ngurah Rai, pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan sebagai nama bandara di Bali.

Foto: Dok. Google Maps/Putu Wiraguna

Menempati area seluas 885 hektar, desa ini terutama terkenal dengan kawasan perkebunan cokelatnya. Lewat turnya yang berdurasi selama 90 menit, wisatawan dapat melihat proses panen, cara memilih biji kakao yang baik, pemanggangan, hingga mencicipi dan membuat cokelat sendiri.

Kamu juga bisa menjelajahi hutannya untuk melihat pemandangan persawahan, pepohonan yang rimbun, hingga sungai dan lembah yang asri. Penyuka adrenalin pun akan dimanjakan dengan aktivitas seru, seperti menjajal ayunan di ketinggian atau menikmati arung jeram dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah berlari di ajang Carangsari Heritage Run 2022. Digelar pada 29 Mei mendatang, kegiatan ini mengajak pesertanya untuk berlari sejauh 5 dan 10 km sembari menikmati suguhan alam, sejarah, dan budaya di sepanjang rutenya.

Untuk rute 5K, peserta akan berlari dari Monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, kemudian menuju Kampung Nyama Toko, Pura Dalam Bebalang, Puri Agung Carangsari, Pura Pusering Jagat, Pura Dalem Sangut, sebelum finis di Triyana Resort Carangsari.

Sementara untuk rute 10K, titik start-nya masih sama, yakni  Monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai. Namun, peserta akan berlari menuju Taman Beji Samuan, Pura Desa Samuan, Pura Dalem Anggungan, Pura Dalem Sangut, lalu finis di Triyana Resort Carangsari.

Tertarik mengikuti ajang ini? Biayanya Rp350 ribu per orang, sudah termasuk BIB, jersey, dan medali. Periode pendaftaran hingga 15 Mei 2022 dengan registrasi secara daring via desawisatacarangsari.com.

Pihak penyelenggara juga menawarkan paket akomodasi bagi peserta yang ingin menginap dekat lokasi start Carangsari Heritage Run 2022, atau sekadar menikmati suasana Desa Wisata Carangsari.

Harga berkisar mulai Rp200 ribu hingga Rp1,4 juta per malam dengan pilihan akomodasi antara lain Triyana Resort Carangsari, True Bali Experience Villa, Puri Lumbung, Sangeh Uma Dong Loka, Juna Homestay, dan Puri Bendesa Homestay. Info lebih lanjut, kunjungi laman ini atau ikuti akun Instagram @carangsariheritagerun.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here