Alun-alun Surya Kencana, Spot Camping Favorit Sebelum Summit Attack di Gunung Gede

Foto: Instagram @adjie.nomotto

Buat yang pernah mendaki Gunung Gede via Gunung Putri, tentu tak asing lagi dengan Alun-alun Surya Kencana. Berada di ketinggian 2.750 mdpl, area seluas sekitar 50 hektar ini terkenal dengan hamparan rerumputan dan bunga edelweis. Tak heran bila tempat ini difavoritkan pendaki sebagai spot berkemah sebelum summit attack ke puncak Gunung Gede.

Untuk mencapainya sendiri, memang sebaiknya direkomendasikan lewat jalur Gunung Putri. Sebenarnya ada dua jalur pendakian resmi lainnya di Gunung Gede Pangrango, yakni Cibodas dan Selabintana.

Foto: Instagram @maul.96

Namun, jalur Cibodas tidak melalui Alun-alun Surya Kencana. Sementara jalur Selabintana merupakan jalur paling panjang dengan medan yang lebih menantang, sehingga tak disarankan untuk pendaki pemula.

Base camp Gunung Putri terletak di Jalan Gunung Putri, Sukatani, Pacet, Kabupaten Cianjur. Kamu bisa mencapainya dengan dua jam berkendara dari pusat kota Bogor atau satu jam berkendara dari pusat kota Cianjur.

Foto: Instagram @fajardzulfahmi

Tiket masuknya Rp29.000 per orang di hari kerja dan Rp34.000 per orang di hari libur. Tarif ini berlaku untuk pendakian dua hari satu malam, dan sudah termasuk asuransi.

Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) pendakian ini sendiri akan dikeluarkan bila kelompok pendakinya memiliki jumlah minimal 3 orang dan maksimal 10 orang. Untuk registrasi, kunjungi booking.gedepangrango.org.

Foto: Instagram @fajardzulfahmi

Durasi pendakian dari base camp menuju Alun-alun Suryakencana sekitar 7-8 jam bila tak banyak berhenti, atau bisa lebih lama bila berjalan santai. Trek di awal didominasi oleh perkebunan dan persawahan dengan jalan yang terus menanjak, sebelum melintasi pepohonan rimbun hingga akhirnya tiba di Alun-alun Surya Kencana.

Perjalanan jauh nan penuh perjuangan itu tentu terbayar begitu tiba di lokasi. Kamu bisa beristirahat sejenak untuk melepas lelah, atau langsung mendirikan tenda untuk bermalam di sini.

Setelah itu, kamu bisa duduk santai sembari menyaksikan bentang alam di sekitarnya yang menakjubkan, dari hamparan edelweis hingga puncak Gunung Gede yang terlihat jelas dari sini. Di malam hari, pemandangannya bakal lebih indah dengan langit yang bertaburkan bintang.

Keesokan paginya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke puncak selama 30-45 menit. Namun sebenarnya tanpa harus ke puncak pun, dari Alun-alun Surya Kencana ini kamu tetap bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah.

Foto: Instagram @adjie.nomotto

Saat ini, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tengah menutup jalur pendakian maupun wisata alamnya hingga waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut disampaikan berdasarkan surat Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 tahun 2021 dan surat edaran Bupati Cianjur serta Sukabumi terkait masih masuknya level 3 PPKM di tiga wilayah tersebut.

Karena itu, kita tunggu saja sampai jalur pendakian kembali dibuka untuk berkemah di Alun-alun Surya Kencana ya!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here