Pesona Bawah Laut Pulau Badalu, Surga bagi Pencinta Snorkeling

Foto: Instagram @ardo_tobing

Kabupaten Tapanuli Tengah di Sumatera Utara tak hanya terkenal dengan Pulau Mursala yang pernah menjadi lokasi syuting film ‘King Kong’ (1993). Di sini, kamu juga bisa menjumpai Pulau Badalu dengan pesona alam yang tak kalah menawan, baik di darat maupun bawah lautnya.

Dapat diakses dengan menyeberang naik kapal selama 1,5 jam dari Sibolga, Pulau Badalu menyuguhkan indahnya alam yang asri dengan perairan pirus yang mengepungnya. Saking jernihnya air laut di kawasan tersebut, kamu bisa melihat keindahan terumbu karang yang tersimpan di dalamnya tanpa harus menyelam.

Foto: Instagram @paulus.ht.gaol

Biasanya, kapal yang mengantar wisatawan menuju pulau tersebut mesti berhenti sekitar 100 menit dari bibir pantai. Pasalnya, perairannya terbilang dangkal dan kapal tersebut akan kesulitan melewati hamparan karang tanpa merusak dan menabraknya.

Tapi toh, hal ini tak mengurangi keasyikan menjelajah Pulau Badalu. Berbekal peralatan selam, kamu bisa langsung melompat ke dalam air dan menyelami keindahan bawah lautnya.

Foto: Instagram @ardo_tobing

Kamu bisa melihat keindahan terumbu karang dalam berbagai bentuk dan warna, selain beragam ikan yang cantik. Jenis ikan yang biasa dijumpai antara lain ikan badut alias Nemo, kepe-kepe (butterflyfish), ikan lepu ayam (lionfish), angelfish, anthias, dan Moorish idol.

Kalau beruntung, kamu bahkan bisa melihat penyu yang sedang melintas. Karena itu, jangan lupa siapkan kamera antiair untuk menemani petualanganmu di bawah laut.

Foto: Instagram @danilakbar_siregar

Untuk mencapai Pulau Badalu, kamu mesti menuju Sibolga dahulu. Dari Medan, kota tersebut bisa dicapai dengan berkendara selama 9-10 jam. Dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kapal sewaan menuju Pulau Badalu.

Kalau tak ingin repot menyewa kapal untuk ke Pulau Badalu, kamu bisa memanfaatkan jasa operator tur yang menawarkan wisata ke Kepulauan Mursala, seperti Kalimantung Traveling.

Foto: Instagram @dadozhuharahap

Biaya untuk perjalanan sehari berkisar mulai Rp340 ribu per orang, sudah termasuk kapal penyeberangan dari/ke Sibolga, jaket pelampung, makan siang, air mineral, alat snorkeling, foto atau video dengan kamera drone dan underwater, pemandu, dan biaya retribusi masuk pulau.

Harga ini biasanya tak jauh berbeda dengan yang ditawarkan oleh operator lain. Beberapa bahkan menawarkan trip dengan keberangkatan dari Medan ataupun Siantar, seperti @sumatera.trip. Biayanya nanti ditambahkan Rp150-200 ribu untuk transportasi darat.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here