Snorkeling di Pulau Mursala, Lokasi Syuting Film King Kong

Foto: Instagram @mursalaadventure

Pernah mendengar nama Sibolga? Kota mungil di pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah ini dapat diakses dari Medan dengan berkendara selama sekitar 8,5 jam. Jauh memang, namun bagi yang sudah pernah ke sana, bakal rela jauh-jauh ke kota ini demi menikmati wisata baharinya.  

Sibolga memiliki Pantai Pandan yang selalu ramai dikunjungi berkat hamparan pasir putihnya. Ada deretan gazebo maupun tikar yang disewakan di sini untuk beristirahat sembari menanti matahari terbenam. Di sekitarnya pun banyak terdapat toko suvenir dan warung makan untuk mengisi perut. 

Foto: Instagram @adib.rahmat

Dari sini, kamu juga bisa menyeberang ke pulau-pulau yang ada di sekitar pantai, seperti Pulau Mursala yang pernah menjadi lokasi syuting film “King Kong” (1993). Tak heran, pulau ini memang luar biasa eksotis dengan hamparan pasir putih dan alam bawah lautnya yang masih alami.

Uniknya lagi, pulau ini memiliki air terjun yang langsung jatuh dari tebing ke laut. Setinggi 35 meter, aliran air terjun di sini berasal dari sungai sepanjang 700 meter, yang konon merupakan sungai terpendek di Indonesia. Air tersebut kemudian mengalir melewati tebing di tepi pulau, sebelum meluncur ke laut. 

Foto: Instagram @elsadewi

Kalau ke sini, jangan lupa berfoto dengan latar air terjun yang megah ini. Kamu juga bisa berenang di perairan sekitarnya dengan kedalaman 15 hingga 25 meter ini. Namun karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, ombak di sini cukup besar. Selalu ikuti arahan pemandu demi keamanan dan keselamatan. Kenakan juga jaket pelampung, dan kalau perlu, fins untuk memudahkan berenang.

Selain mengagumi keindahan air terjun, kamu juga dapat menikmati snorkeling di beberapa spot terbaiknya, seperti Teluk Labuhan Hunik yang juga cocok untuk diving, atau Pulau Jambe yang berupa perairan dangkal dengan hamparan terumbu karang dan ikan warna-warni. 

Foto: Instagram @hudayaichwan

Kamu juga dapat mengunjungi pulau-pulau mungil di sekitar Pulau Mursala, seperti Pulau Puti yang dikelilingi hamparan pasir putih dan bukit-bukit sebagai latarnya, atau Pulau Silabu Na Menek yang terkenal dengan Batu Garudanya. Batu tersebut dinamakan demikian karena tampak menjorok ke laut di ketinggian 70 meter di tepi pantai dengan bentuk yang menyerupai burung. 

Akses

Untuk mencapai Pulau Mursala, kamu mesti ke Sibolga terlebih dahulu. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yakni berkendara dari Medan selama 8,5 jam, atau naik pesawat langsung dari Jakarta dengan penerbangan nonstop selama dua jam. Penerbangan ini dilayani oleh Garuda Indonesia.

Foto: Instagram @danilakbar_siregar

Setibanya, kamu bisa menyewa kapal cepat dari Pantai Pandan dengan biaya Rp2,5 juta untuk maksimal 20 penumpang. Harga tersebut sudah termasuk kunjungan ke pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Mursala. Dengan kapal cepat, hanya dalam satu jam saja kamu sudah sampai di Pulau Mursala. 

Usahakan berangkat sepagi mungkin dari Pantai Pandan, yakni sekitar pukul 08:00, agar dapat pulang kembali pukul 17:00. Bawa juga perbekalan yang cukup dan peralatan snorkeling.

Foto: Instagram @pulaumursala

Kalau tak mau repot, kamu dapat menggunakan jasa tur dari sejumlah operator, seperti @pariwisatasumatera dengan biaya mulai Rp350.000 per orang, sudah termasuk kapal cepat, alat snorkeling, pemandu lokal, makan siang, serta dokumentasi foto dan video. Rata-rata operator tur tersebut menggunakan Pantai Pandan sebagai meeting point. Namun, kalau pesertanya berangkat dari luar kota, biasanya mereka juga bisa membantu menyediakan transportasi untuk sampai di Sibolga. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here