Gunung Sasak Bike Park, Opsi Trek MTB Dekat Mataram

Foto: Dok. Google Maps/Truview

Tanpa perlu jauh-jauh ke Sembalun di kaki Gunung Rinjani, ada trek MTB (mountain bike) yang cukup menantang di sekitar kota Mataram. Salah satunya adalah Gunung Sasak Bike Park di Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat yang bisa kamu akses dengan berkendara sekitar 20 km jauhnya dari pusat kota.

Gunung Sasak ini sebenarnya merupakan kawasan wisata yang sudah ada sejak era 1980-an, namun mulai terlupakan seiring waktu. Baru beberapa tahun belakangan ini kawasan tersebut mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata baru di Lombok untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Foto: Dok. Google Maps/Truview

Selain menyajikan panorama alam yang indah dari puncaknya, terutama saat matahari terbit dan terbenam, kawasan ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas. Salah satunya adalah bike park yang memiliki lintasan standar untuk lomba.

Gunung Sasak Bike Park dikelola oleh komunitas pencinta sepeda gunung yang berada di Lombok Barat dan sekitarnya, serta didukung oleh Pemda dan KPH Lombok Barat. Bike park ini dibangun dengan harapan dapat meningkatkan meningkatkan pariwisata olahraga di Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok Barat, selain membantu perekonomian warga sekitar.

Foto: Instagram @januardi.27

Walau terbilang fasilitas baru, Gunung Sasak Bike Park sudah pernah digunakan sebagai lokasi lomba sepeda Lombok Enduro Bootcamp 2020. Setidaknya 160 pesepeda menjajal trek menantang di bike park tersebut saat acara itu digelar.

Kalau tertarik menjajal trek MTB di sini, kamu bisa langsung datang ke lokasi. Bike park ini buka setiap harinya antara pukul 06:00 hingga 18:00 WITA. Pengunjung yang ingin bersepeda di sini tidak dipungut biaya masuk, namun dipersilakan mengisi kotak donasi yang dananya nanti digunakan untuk perbaikan dan pengembangan trek.

Foto: Dok. Gunung Sasak Bike Park

Dari lokasi loading, kamu bisa bersepeda ke puncak bukit sejauh 850 meter. Lumayan buat pemanasan sebelum nantinya turun ke bawah. Setelah itu, kamu bisa menjajal trek downhill-nya yang sejauh satu kilometer. Lintasan ini tak hanya cocok untuk kamu yang senang memacu adrenalin, namun juga bagus untuk melatih kemampuan dan keberanian menuruni gunung dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, di sepanjang jalur juga ada sejumlah rintangan, seperti gap, drop, table top, dan berm. Karena itu, jangan lupa kenakan perlengkapan bersepeda yang lengkap agar tetap aman, seperti helm, sepatu, dan pelindung lutut. Pastikan juga sepedamu dalam kondisi prima.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here