Menyambangi Pantai Bingin, Surga Tersembunyi di Balik Tebing

Foto: Instagram @lukemcameron

Pantai Bingin merupakan salah pantai di Bali yang menawarkan suasana sepi, jauh dari keramaian wisatawan. Tak heran, karena lokasinya memang cukup tersembunyi, selain mesti menempuh perjalanan panjang untuk mencapainya.

Dari kawasan Kuta, jarak yang mesti ditempuh sekitar 22 km, atau dapat dicapai dengan berkendara selama 45 menit. Setibanya di area Uluwatu, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Pantai Bingin.

Foto: Instagram @balioftheday_

Mendekati lokasi, jalannya menyempit karena mesti melewati gang. Kamu bisa memarkirkan mobil di area yang disediakan, kemudian berjalan menyusuri gang. Tak lama kemudian, kamu mesti menuruni anak-anak tangga di tebing selama sekitar 15 menit hingga akhirnya tiba di area pantai.

Meski lokasinya tersembunyi, fasilitas di sekitarnya sudah lengkap, dari penginapan, bar, hingga restoran. Kamu juga bisa melihat hamparan pasir putih tempat wisatawan biasa berjemur ataupun berpiknik, selain perairan dengan arus yang cocok untuk berselancar.

Foto: Instagram @backpackwithme

Banyak wisatawan mancanegara yang justru mengenal pantai ini sebagai destinasi selancar. Pasalnya, ombak di sini memang cukup menantang. Kalau tak bisa berselancar, jangan khawatir, ada beberapa operator yang menyediakan kelas untuk pemula, lengkap dengan papan selancar yang bisa disewa.

Namun, bukan berarti kamu tak bisa melakukan aktivitas air lainnya. Saat air surut, kamu bisa berenang ataupun snorkeling. Kamu bahkan bisa berendam di antara hamparan karang yang membentuk semacam cekungan kolam.

Foto: Instagram @mallc

Nah, kalau air sedang pasang, kamu yang tak berselancar dapat naik ke puncak bukitnya yang menghadap laut untuk menikmati pemandangan yang eksotis dari ketinggian. Opsi lainnya, kamu bisa bersantap di salah satu restorannya sambil melihat para peselancar yang sedang beraksi menaklukkan ombak.

Selepas beraktivitas, jangan buru-buru pulang, karena pemandangan matahari terbenam di sini tak kalah memukau dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali. Karena itu, jangan heran bila sejumlah wisatawan terlihat rela menanti sore di sana demi menyaksikan pesona langitnya yang berubah menjadi kuning keemasan.

Foto: Instagram @jana.feliz

Kalau ingin sekalian island hopping, Pantai Bingin yang berada di daerah Pecatu ini terletak dekat dengan Pantai Padang Padang, Dreamland, dan Balangan, sehingga semua pantai ini bisa kamu kunjungi dalam satu kali perjalanan. Menariknya, biaya masuk kemari gratis, kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here