Gowes Menyusuri Pantai-pantai Indah di Pacitan

Salah satu cara asyik untuk menikmati keindahan pantai-pantai di Pacitan adalah dengan bersepeda menyusurinya. Apalagi, lokasi antara satu pantai dengan pantai lainnya cukup dekat, sehingga kamu dapat mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu kali perjalanan.

Tergantung preferensi, kamu bisa memulai bersepeda dari satu pantai pilihanmu. Misalnya, Pantai Pidakan yang berjarak 25 km dari Alun-alun Kabupaten Pacitan. Akses menuju kemari sangatlah mudah, dengan sepanjang jalan akan banyak menjumpai deretan tebing cantik.

Kalau naik kendaraan bermotor untuk mencapainya, kamu bisa memarkirkan kendaraan di sana, kemudian melanjutkan perjalanan dengan bersepeda. Sementara yang ingin menikmati keindahan Pantai Pidakan terlebih dahulu, bisa masuk mengikuti petunjuk jalan sekitar 200 meter dari jalan raya hingga sampai di pantai.

Tak seperti pantai pada umumnya yang menyuguhkan pasir putih, pantai ini justru menawarkan hamparan bebatuan di tepinya. Kehadiran pepohonan kelapa yang menjadi latarnya semakin mempercantik area pantai, sehingga tak heran bila banyak yang datang kemari untuk sekadar berburu foto.

Dari Pantai Pidakan, lanjutkan perjalanan sejauh 2 km menuju Pantai Watu Bale. Di sana, kamu bisa menyeberang melewati jembatan gantung yang menghubungkan pantai dengan pulau karang di seberangnya. Opsi lainnya, kamu bisa bersantai sejenak di sana sambil menikmati pemandangan barisan tebing maupun lautan biru yang terhampar di depan mata.

Selanjutnya, kamu bisa menyusuri Jalan Raya Ngadirojo-Sudimoro hingga tiba di Pantai Soge. Dari jalan raya, kamu sudah bisa melihat hamparan pasir putihnya yang memanjang.

Kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda menjelajahinya sampai ke arah timur, hingga bertemu muara sungai yang berkelok mengitari pasir putih. Di sana pula kamu bisa melihat Jembatan Soge yang kerap dijadikan lokasi berfoto bagi pengunjung atau pengendara yang melewati jalur lintas selatan.

Akhiri perjalananmu dengan menuju Pantai Taman yang terletak 6 km jauhnya dari Pantai Soge. Selain merupakan kawasan konservasi penyu, pantai ini juga memiliki wahana flying fox yang cocok untuk para penyuka adrenalin. Sementara yang ingin bersantai, bisa duduk-duduk di gazebo yang telah disediakan di tepinya sambil menikmati suasana pantai.

Jarak tempuh untuk rute di atas adalah 10 km sekali jalan, atau 20 km untuk dua arah. Rutenya cocok untuk pemula, terlebih kamu bisa banyak beristirahat di pantai-pantai di sepanjang perjalanan. Namun, tetap sediakan perbekalan sendiri, seperti makanan ringan dan minuman, untuk berjaga-jaga di tengah jalan kalau kelaparan atau kehausan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here