Meniti Ratusan Anak Tangga Menuju Air Terjun Dolo

Foto: Instagram @ipander__

Kabupaten Kediri menyimpan banyak destinasi wisata menarik, terutama bagi penyuka alam. Salah satunya adalah Air Terjun Dolo yang terletak di timur lereng Gunung Wilis, atau tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Kalau dari pusat kota Kediri, kamu mesti menempuh perjalanan sejauh sekitar 30 km. Selain cukup jauh, rute menuju kemari melewati jalur yang berkelok-kelok dan menanjak khas kawasan pegunungan. Karena itu, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Foto: Instagram @indraiswanto84

Perjalanan menuju Air Terjun Dolo tak hanya berhenti di sana. Sesampainya di area parkir kawasan wisata Air Terjun Dolo, kamu mesti menuruni ratusan anak tangga batu untuk menuju air terjun yang terletak terpencil di antara rimbunnya tanaman hijau ini.

Jaraknya sekitar satu kilometer. Kalau tak terbiasa berolahraga, tentu napas akan terasa ngos-ngosan. Karena itu, baiknya tak ngoyo turun ke bawah. Apalagi di perjalanan pulang nanti kamu mesti menaiki kembali tangga tersebut.

Foto: Dok. Google Maps/Eric Juanto

Jangan lupa juga untuk membawa bekal, terutama air minum yang cukup untuk melepas dahaga. Di dekat area tangga sebenarnya ada warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman. Namun untuk berjaga-jaga bila tutup, ada baiknya menyiapkan bekal sendiri.

Sepanjang perjalanan meniti anak-anak tangga tersebut, kamu bisa menikmati suguhan pemandangan lereng hutan dan lebatnya pepohonan. Semakin ke bawah, vegetasinya semakin rapat dan suasananya bakal semakin damai dengan suara-suara alam, seperti gesekan daun, derik jangkrik, dan kicauan burung.

Jauh dari Keramaian

Foto: Instagram @rizka_puspitalaili

Lokasinya yang cukup jauh dari area parkir dan akses yang mesti melewati anak-anak tangga membuat orang urung datang kemari. Namun berkat hal ini jugalah kamu bisa menikmati air terjun tersebut sepenuhnya tanpa terganggu keramaian. Berada di ketinggian 1.800 mdpl, udaranya pun sejuk, selain bebas dari polusi kendaraan bermotor.

Air Terjun Dolo memiliki ketinggian sekitar 125 meter dengan tiga tingkatan. Debit airnya tak begitu deras, namun sangat dingin. Bila ingin berbasah-basahan, jangan lupa bawa baju ganti. Kalau perlu, siapkan juga pakaian hangat untuk menangkal dingin.

Foto: Instagram @tegar.aris

Saat musim hujan, wilayah sekitarnya kerap tertutup kabut tebal, membuat suasana semakin terasa mistis. Lain lagi di hari cerah, ketika kamu bakal betah berlama-lama di sana memandangi pemandangan air terjun yang asri tersebut.

Selain hiking tipis, kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan di Air Terjun Dolo adalah camping. Ada area berkemah yang cukup luas di sini dan kerap digunakan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati alam. Selain itu, pendaki juga kerap bermalam di sini sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Wilis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here